Tekno

Samsung Akan Hadirkan Konektivitas Satelit di Smartphone

Samsung Akan Hadirkan Konektivitas Satelit
Samsung bakal menghadirkan konektivitas satelit di smartphone. (ilustrasi Freepik @tongpatong)

PasundanEkspres - Samsung semakin mendekati langkah untuk menambahkan fitur komunikasi satelit ke dalam jajaran smartphone Galaxy-nya. Berdasarkan laporan dari Android Authority, ditemukan adanya string kode terkait di aplikasi seluler yang menunjukkan hal ini. Kode tersebut mengisyaratkan bahwa ponsel Samsung Galaxy akan segera menerima peningkatan ini.

Secara khusus, penyebutan mode satelit dan teks darurat melalui satelit ditemukan di aplikasi Emergency SOS, Messages, dan Phone milik Samsung. Ini mengindikasikan bahwa raksasa teknologi ini sedang mempersiapkan diri untuk memasuki persaingan konektivitas satelit yang dimulai oleh Apple.

Namun, belum ada kejelasan mengenai kapan fitur tersebut akan dirilis atau model ponsel mana yang akan kompatibel, seperti dilansir PasundanEkspres dari Gizmochina pada Selasa (23/7/2024).

Menurut laporan Android Authority, fitur ini mungkin akan memulai debutnya dengan sistem operasi Android 15, meskipun integrasinya ke dalam antarmuka One UI 7 milik Samsung mungkin akan memerlukan waktu lebih lama.

Samsung menghadirkan fitur komunikasi satelit pada ponselnya tidaklah mengejutkan. Rumor mengenai fitur ini telah berkembang sejak Apple meluncurkan konektivitas satelit pada iPhone 14.

Park Yong-in, eksekutif Samsung, bahkan telah menjanjikan konektivitas satelit dua arah untuk ponsel Galaxy pada tahun 2024, meskipun fitur ini belum tersedia pada model Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6 terbaru.

Ada kemungkinan bahwa fitur konektivitas satelit ini dapat diaktifkan melalui pembaruan perangkat lunak pada perangkat tersebut. Tidak seperti Apple yang hanya berfokus pada pengiriman pesan darurat, konektivitas satelit Samsung dikabarkan lebih dari sekadar untuk keadaan darurat, memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan melalui aplikasi apa pun.

Yang menarik, ponsel Google Pixel juga telah menunjukkan indikasi adanya fitur konektivitas satelit, dan fitur ini sudah aktif pada ponsel Pixel. Bukti-bukti ini mengindikasikan bahwa layanan pengiriman pesan satelit untuk ponsel Android, termasuk model Galaxy, mungkin akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua