Tekno

ChatGPT ala Film 'Her', Kini Bisa Diajak Ngobrol Layaknya Manusia!

ChatGPT ala film Her
ChatGPT kini bisa ala film Her. (screenshot Twitter/X @techcrunch)

PasundanEkspres - OpenAI baru-baru ini mengumumkan sejumlah fitur terbaru yang akan segera hadir dalam ChatGPT. Salah satu yang menonjol adalah kemampuan untuk berinteraksi langsung dengan ChatGPT melalui asisten suara, mirip dengan konsep yang ditampilkan dalam film 'Her'.

Fitur-fitur baru dalam ChatGPT didukung oleh model kecerdasan buatan (AI) generatif terbaru yang diberi nama GPT-4o. Penambahan huruf 'o' di belakangnya merujuk pada konsep 'omni', menandakan kemampuan model AI ini dalam memahami teks, ucapan, dan gambar.

Menurut Mira Murati, CTO OpenAI, kecerdasan yang dimiliki GPT-4o setara dengan GPT-4, namun dengan peningkatan kemampuan yang signifikan dalam berbagai modalitas dan media.

"Dengan GPT-4o, model ini mampu berpikir melalui berbagai format, termasuk suara, teks, dan gambar," ungkap Murati dalam presentasinya yang dilansir oleh TechCrunch pada Selasa (14/5/2024). "Hal ini menjadi penting karena kita mengamati arah perkembangan interaksi antara manusia dan mesin," tambahnya.

Saat ini, ChatGPT telah menyediakan mode suara yang mengubah respons teks menjadi suara. Dengan adanya GPT-4o, pengguna kini dapat berbicara langsung dengan ChatGPT seperti berinteraksi dengan asisten suara lainnya.

Murati dan tim engineer dari OpenAI melakukan demonstrasi kemampuan baru ini dengan meminta ChatGPT untuk menerjemahkan Bahasa Italia ke Bahasa Inggris dan sebaliknya secara real-time. Mereka juga meminta ChatGPT membacakan cerita dengan gaya yang berbeda, mulai dari dramatis, bernada seperti sedang bernyanyi, hingga suara robot.

OpenAI juga telah meningkatkan kemampuan ChatGPT dalam memahami visual. Pengguna kini dapat menunjukkan foto atau tampilan desktop kepada ChatGPT dan meminta chatbot AI tersebut untuk menjawab pertanyaan seputar gambar tersebut, seperti "bagaimana cara menyelesaikan soal matematika ini" atau "apa kesalahan dalam kode perangkat lunak ini".

Murati menyatakan bahwa fitur ini akan terus dikembangkan di masa mendatang. Sebagai contoh, ChatGPT dapat digunakan untuk menonton pertandingan olahraga dan menjelaskan peraturannya kepada pengguna.

GPT-4o akan tersedia bagi semua pengguna ChatGPT, termasuk pengguna gratis. Namun, pengguna ChatGPT Plus dan Team akan mendapatkan alokasi lima kali lebih besar dibandingkan pengguna gratis.

Fitur baru ini akan diluncurkan dalam fase alpha terbatas dalam beberapa minggu mendatang dan akan tersedia untuk pelanggan ChatGPT Plus terlebih dahulu sebelum dirilis secara publik.

Berita Terkait