Tekno

Snapdragon 8 Elite Resmi Dirilis, Janjikan Kinerja 3x Lebih Cepat

spesifikasi Snapdragon 8 Elite
Qualcomm resmi luncurkan Snapdragon 8 Elite yang punya performa 3 lebih kencang. (screenshot video @Qualcomm)

PasundanEkspres - Qualcomm secara resmi memperkenalkan system-on-chip (SoC) terbaru yang diberi nama Snapdragon 8 Elite, menggantikan ekspektasi sebelumnya yang menyebutnya Snapdragon 8 Gen 4.

Peluncuran ini dilakukan pada ajang Snapdragon Summit 2024 di Maui, Hawaii. SoC ini menawarkan peningkatan signifikan dalam performa CPU dan GPU, terutama untuk ponsel flagship Android.

Menurut Chris Patrick, Senior Vice President dan General Manager of Mobile Handsets di Qualcomm Technologies, Inc., Snapdragon 8 Elite menghadirkan peningkatan kinerja yang dramatis dan efisiensi daya melalui kemampuan CPU, GPU, dan NPU yang canggih.

Selain itu, SoC ini juga merevolusi pengalaman mobile dengan AI generatif multi-modal yang dipersonalisasi langsung di perangkat, memungkinkan pemahaman ucapan, konteks, dan gambar yang lebih baik untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna, dengan tetap menjaga privasi.

Performa

Snapdragon 8 Elite dirancang menggunakan proses fabrikasi 3nm dari TSMC, yang diklaim mampu meningkatkan efisiensi daya dan performa secara signifikan. Salah satu pembaruan terbesar adalah penggunaan arsitektur CPU baru bernama Oryon, yang dikembangkan oleh Qualcomm berdasarkan teknologi dari akuisisi Nuvia, sebuah perusahaan yang didirikan oleh mantan insinyur Apple.

Prosesor ini dilengkapi dengan dua inti Prime yang berjalan pada kecepatan 4,32 GHz dan enam inti Performance dengan kecepatan 3,53 GHz. Setiap kluster memiliki cache L2 sebesar 12MB, dengan total gabungan 24MB yang memungkinkan pengambilan data yang sangat cepat.

Tidak ada inti Efficiency dalam arsitektur ini, melanjutkan tren penurunan jumlah inti Efficiency dalam dua generasi terakhir, karena Qualcomm meyakini bahwa inti Performance saat ini menawarkan kombinasi terbaik antara kinerja dan efisiensi daya. Selain itu, fitur "Instant Wake" pada arsitektur ini mengurangi siklus daya yang sering terjadi pada inti individu.

Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 8 Elite menawarkan peningkatan kinerja CPU dan GPU hingga tiga kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya, sementara NPU mengalami peningkatan performa 12 kali lipat.

Cisco Cheng, Senior Director of Product Marketing Qualcomm, menyatakan bahwa chip ini juga menghadirkan peningkatan kinerja CPU sebesar 45% untuk single-core dan multi-core, dengan peningkatan efisiensi 44% dan penghematan daya keseluruhan mencapai 27%. GPU Adreno 755 juga diklaim meningkatkan performa grafis sebesar 40%, dengan kinerja ray tracing yang melonjak hingga 35%.

Snapdragon 8 Elite juga menjadi chip mobile pertama yang mendukung Unreal Engine 5.3 Nanite dan sistem geometri virtual Nanite, yang menjanjikan tampilan berkualitas film untuk game mobile.

Kemampuan AI pada Snapdragon 8 Elite juga mengalami peningkatan berkat integrasi Qualcomm Hexagon NPU, yang kini 45% lebih cepat dengan peningkatan performa per watt sebesar 45%.

NPU ini terintegrasi secara mendalam dengan AI ISP yang memungkinkan segmentasi gambar yang lebih baik, mengenali objek dengan jelas, dan memprosesnya secara individual. Fitur ini memungkinkan pengambilan gambar multi-eksposur, di mana setiap objek mendapatkan pencahayaan yang tepat.

AI ISP juga mampu mengenali warna kulit dan langit secara real-time, memastikan eksposur dan fokus yang optimal. Pengguna bahkan bisa menghapus objek yang tidak diinginkan pada video.

Konektivitas

Snapdragon 8 Elite dilengkapi dengan Modem X80 5G, modem 5G pertama yang mendukung agregasi operator downlink 6x dan ekstensi rentang mmWave berbasis AI. Qualcomm mengklaim modem ini mampu mencapai kecepatan download hingga 10 Gbps dan upload hingga 3,5 Gbps.

Selain itu, modem ini dipadukan dengan Sistem Konektivitas Seluler FastConnect 7900 yang menjadi chip pertama yang menggabungkan konektivitas Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, dan Ultra Wideband dalam satu chip 6nm.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 8 Elite

Snapdragon 8 Elite menggunakan arsitektur 64-bit dengan inti utama yang diclock hingga 4,32 GHz dan inti kinerja yang diclock hingga 3,53 GHz.

Didukung oleh GPU Adreno dan NPU Hexagon dari Qualcomm, chipset ini mendukung hingga tiga kamera 48MP pada 30fps tanpa kelambatan rana, serta kamera tunggal hingga 108MP dan pengambilan foto hingga 320MP. Chip ini juga mampu merekam video 8K HDR pada 60fps dan 4K pada 120fps.

Snapdragon 8 Elite mendukung memori LP-DDR5x dual-channel hingga 5,3GHz, penyimpanan UFS 4.0, dan RAM hingga 24GB. Fitur konektivitas termasuk Wi-Fi 7 dengan kecepatan puncak 5,8 Gbps, Bluetooth 6.0, dan Ultra Wideband (UWB) terintegrasi.

Chipset ini juga mendukung Quick Charge 5, USB Versi 3.1 Gen 2, dan port USB Type-C. Untuk fitur audio, Snapdragon 8 Elite dilengkapi dengan Qualcomm aptX Adaptive dan aptX Lossless audio, serta Spatial audio dengan pelacakan kepala.

Daftar Perangkat dengan Snapdragon 8 Elite

Beberapa merek yang dipastikan akan merilis perangkat dengan chipset Snapdragon 8 Elite antara lain:

- Oppo

- Realme

- Samsung

- Vivo

- Xiaomi

- Asus

- Honor

- iQOO

- OnePlus

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua