Tekno

Instagram Baru Saja Merilis Fitur 'Close Friends on Live' untuk Pengguna

Close Friend on Live
Instagram luncurkan fitur Close Friend on Live. (screenshot @engadget.com)

PasundanEkspres - Instagram mengumumkan fitur baru yang dinamai 'Close Friends on Live'. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran Instagram Live yang hanya bisa dilihat oleh teman-teman dekat dalam daftar Close Friends mereka.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengadakan Instagram Live dengan audiens yang terbatas, maksimal tiga orang. Fitur ini sudah tersedia untuk pengguna Instagram di seluruh dunia.

Sebelum peluncuran fitur ini, Instagram Live dapat dilihat oleh siapa saja, baik followers maupun non-followers, jika akun pengguna bersifat publik. Namun, jika pengguna memiliki akun private, maka Instagram Live hanya bisa dilihat oleh seluruh followers mereka.

Fitur ini sering digunakan oleh selebriti dan influencer untuk berinteraksi dengan pengikutnya, atau oleh akun penggemar yang menyiarkan konser musisi favorit mereka. Intinya, fitur Instagram Live dirancang untuk menjangkau audiens sebanyak mungkin.

Dengan adanya fitur Close Friends on Live, Instagram ingin menunjukkan bahwa fitur ini juga dapat digunakan untuk interaksi yang lebih pribadi. Mereka mengemukakan bahwa pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk membahas rencana liburan, mengerjakan tugas sekolah, atau sekadar ngobrol.

Tidak hanya pengguna biasa, Instagram juga mengajak influencer untuk memanfaatkan fitur Live dengan Close Friends untuk melakukan siaran langsung terbatas dengan follower terpilih, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (21/6/2024).

Instagram belakangan ini memang lebih fokus pada jenis interaksi yang lebih pribadi di platformnya. Sejak November lalu, pengguna Instagram dapat membatasi jangkauan postingan di feed dan Reels hanya untuk teman-teman dekat mereka saja.

Pada bulan Mei lalu, Instagram menambahkan opsi untuk membatasi interaksi hanya dari Close Friends. Artinya, pengguna tidak akan melihat komentar, pesan langsung (DM), mention, dan interaksi lainnya dari pengguna lain di luar Close Friends.

Selain Close Friends on Live, Instagram juga meluncurkan pembaruan baru untuk feed yang memungkinkan pengguna menambahkan musik ke postingan carousel yang berisi video. Sebelumnya, pengguna hanya bisa menambahkan musik ke carousel yang hanya menampilkan foto.

Berita Terkait