Tekno

Google Search Kini Tak Lagi Tampilkan Jumlah Hasil Pencarian?

Google Search
Google Search tidak lagi tampilkan jumlah hasil pencarian. (screenshot @google.com)

PasundanEkspres - Pada proses pencarian melalui Google Search, biasanya informasi tentang jumlah hasil pencarian akan ditampilkan. Namun, sejak tahun 2016, Google mulai melakukan uji coba untuk menghapus fitur tersebut.

Pada bulan Juni yang lalu, perubahan tersebut kembali muncul dalam pengalaman pencarian yang disebut Google Search Generative Experience. Saat ini, secara default, Search tidak menampilkan jumlah hasil pencarian seperti yang dikutip oleh PasundanEkspres dari Android Police.

Search Engine Roundtable telah mencatat bahwa Google Penelusuran sekarang menyembunyikan jumlah hasil untuk semua jenis pencarian, termasuk perintah situs. Perubahan ini juga mempengaruhi penampilan jumlah hasil yang biasanya muncul di antara filter pencarian dan hasil pencarian.

Meskipun demikian, jumlah hasil tersebut tidak hilang sama sekali. Sebuah cuitan dari akun @si1very di platform X (sebelumnya Twitter) menunjukkan bahwa angka tersebut telah dipindahkan ke bawah menu "alat" di bagian kanan atas bilah pencarian, bersama dengan opsi Pencarian Lanjutan dan filter lainnya.

Meskipun perubahan ini membuat sedikit kesulitan dalam melihat secara langsung berapa banyak hasil yang diperoleh dari kueri pencarian, namun melalui cuitan tersebut dapat dipastikan bahwa informasi jumlah hasil masih dapat diakses dengan mengklik menu Alat.

Walaupun perubahan ini tampaknya tidak signifikan dalam hal fungsionalitas, mengingat jumlah hasil sering kali mencapai jutaan atau bahkan miliaran, namun fitur ini telah menjadi ciri khas dalam pengalaman pencarian Google selama bertahun-tahun.

Berita Terkait