Daerah

Pendidikan Karekter Melalui Kepramukaan, SDN Sukarahayu Gelar PGP Tingkat Siaga Ke Penggalang

SDN Sukarahayu
SDN Sukarahayu Gelar PGP Tingkat Siaga Ke Penggalang

SUBANG-Meriah sekolah dasar negeri (SDN) Sukarahayu, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, menggelar program Pengenalan Gerakan Pramuka (PGP) tingkat Siaga ke Penggalang yang berlangsung di lapangan sekolah, pada Sabtu (3/8). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknis Pramuka dan mengembangkan kemampuan pramuka bagi siswa tingkat Siaga yang akan naik ke tingkat Penggalang.

Kepala SDN Sukarahayu Dede Oom S. Pd, M. Pd menyampaikan dengan PGP ini siswa-siswi dapat merasakan materi-materi teknis kepramukaan yang mana disosialisasikan bahwa pendidikan kepramukaan sangat bermanfaat. 

Ia mengatakan, kegiatan PGP yang dimulai sejak pagi dari Upacara Pembukaan, yang dilanjutkan dengan pembekalan materi kepada siswa-siswi. 

"Pembekalan materi yang diberikan hingga dikenalkan terlebih dahulu mulai dari sejarah, pengetahuan kepramukaan, teknis kepramukaan, serta materi sandi, semaphore, tali temali, P3K, dan pionering," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

"Setelah kegiatan itu dilanjutkan dengan game yang dilakukan untuk mengevaluasi siswa-siswi sejauh mana mereka menerima materi-materi oleh para pembina di sampaikan," lanjutnya. 

Ia menjelaskan, pengenalan gerakan pramuka ini untuk golongan siaga itu dimulai dari kelas 1 hingga kelas 3, kemudian untuk kelas 4, 5, dan 6 itu sudah masuk kegolongan penggalang.

Acara PGP ini diikuti oleh puluhan peserta mulai dari tingkat siaga ke penggalang dan penggalang yang terlihat antusiasme mengikuti kegiatan.

Selanjutnya Oom menambahkan kegiatan yang diakhiri dengan kegiatan pelantikan anggota golongan siaga yang naik ke anggota penggalang berlangsung kegiatan PGP Gugus depan SDN Sukarahayu tahun pelajaran 2024/2025.

"Kegiatan yang merupakan rentetan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dengan materi didalamnya itu ada materi PGP," ucapnya. 

Ia berharap, program kegiatan ekstrakurikuler wajib ini tetap berjalan dengan baik, karena pendidikan karakter ada di pendidikan kepramukaan.(znl) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua