Daerah

Disdukcapil Subang, Scan Barcode Cek Keaslian Kartu Keluarga, Hindari Penipuan dan Pemalsuan

Disdukcapil Subang
Masyarakat antre untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Subang.(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang menerangkan cara mudah untuk mengecek scan barcode keaslian Kartu Keluarga (KK). Cara ini dapat dilakukan untuk menghindari penipuan atau pemalsuan dokumen penting tersebut. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mencegah penyebaran dokumen kependudukan palsu yang semakin marak terjadi.

Sekertaris Disdukcapil Subang Ahmad Fauzy menjelaskan bahwa masyarakat dapat melakukan pengecekan keaslian Kartu Keluarga dengan beberapa cara scan yang mudah dan cepat. "Bahwa bisa dilihat dokumen nya itu palsu atau tidak, jadi Disdukcapil sekarang sistem keamanannya itu melalui barcode, karena sudah sistem IT atau teknologi jadi dibacanya juga melalui teknologi. Sehingga tidak bisa dilihat dengan kasat mata," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres.

Namun jika terjadi pemalsuan atau yang lainnya, pihak Disdukcapil tidak bertanggungjawab. "Kami hanya memastikan saja bahwa jika KK palsu, barcode nya betul tidak terdaftar di Disdukcapil," ungkapnya.

Ia mengatakan sistem barcode sekarang itu ada yang aktif, ada yang tidak aktif, dan ada juga yang palsu. Keaktifan KK tersebut hanya bisa dibaca melalui barcode lagi dan nantinya di barcode itu kelihatan tandatangan secara elektronik pada tanggal berapa, bulan berapa, dan tahun berapa. "Jadi kami mengingatkan kepada seluruh warga Subang untuk selalu memeriksa keaslian dokumen kependudukan yang ada," ujarnya.

Ia menghimbau, kepada masyarakat terutama yang di Kabupaten Subang ketika ada KK yang harus diupdate atau dirubah seperti merubah pendidikan, tanggal lahir, pekerjaan atau lain-lain untuk segera KK nya itu di update atau diperbaharui di kantor Disdukcapil. Sehingga data penduduk Kabupaten Subang itu selalu terbaru dan terupdate. 

Dengan adanya langkah-langkah ini, Disdukcapil Subang berharap dapat memberikan rasa aman dan kepastian kepada masyarakat mengenai keaslian dokumen kependudukan mereka.(znl/sep)

Berikut Beberapa Langkah Cek Keaslian Kartu Keluarga menurut Disdukcapil Subang:

1. Masyarakat bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi scan barcode di Play Store atau apstore.

2. Jika sudah didownload aplikasinya bisa dibuka dan langsung di scan ke barcode yang tersedia di Kartu Keluarga.

3. Hasil yang sudah di scan nantinya akan muncul tanda keterangan bahwa KK itu aktif atau tidak aktif serta lengkap dengan tanggal, bulan, dan tahunnya. 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua