Daerah

Jalan Lingkar Luar Jalancagak Bawa Berkah bagi Para Pedagang, Jadi Pusat Aktifitas Ekonomi Lokal

Jalan Lingkar Luar Jalancagak
Jalan Lingkar Luar Jalancagak ini tidak hanya memudahkan mobilitas tetapi juga membawa berkah bagi warga sekitar yang melihat peluang usaha di area tersebut(Hadi Martadinata/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Jalan Lingkar Luar Jalancagak yang menghubungkan Subang menuju Bandung kini menjadi lokasi strategis bagi para pedagang dengan jongko-jongko yang berjejer di sepanjang tepian jalan. Jalan baru ini tidak hanya memudahkan mobilitas tetapi juga membawa berkah bagi warga sekitar yang melihat peluang usaha di area tersebut.

Terletak di Desa Jalancagak, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, lingkar jalan luar ini telah berkembang menjadi tempat peristirahatan bagi pengendara yang melewati jalur tersebut. Banyak pengusaha lokal yang membuka warung dan jongko di sepanjang jalan, menawarkan berbagai macam barang dan makanan kepada para pelintas.

Cicih, pemilik salah satu warung RT9 di sepenjang jalan ini, mengungkapkan kebahagiaannya dengan adanya jalan baru tersebut. "Dengan adanya jalan baru ini membawa manfaat atau berkah untuk warga sekitar dan pengusaha jongko lainnya. Kalau disebut manfaat-manfaat terus berkah, alhamdulillah ada hasilnya," ujarnya pada Rabu, (3/7).

Cicih berharap usaha kecilnya dapat terus berkembang seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung. "Mudah-mudahan lancar, ada hasilnya, ada lebihnya. Dan pengunjung, alhamdulillah, banyak," tambahnya.

Para pedagang yang membuka usaha di sepanjang jalan Lingkar Luar Jalancagak ini sebagian besar adalah warga lokal yang melihat peluang besar dari meningkatnya lalu lintas di jalur tersebut. Jalan baru ini tidak hanya memfasilitasi perjalanan antar kota tetapi juga memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat sekitar.

Dengan kondisi jalan yang baik dan fasilitas yang memadai, jalan Lingkar Luar Jalancagak menarik perhatian pengendara untuk berhenti sejenak, beristirahat, dan menikmati berbagai hidangan serta barang dagangan yang ditawarkan oleh para pedagang. Kehadiran jongko-jongko ini menciptakan suasana hidup yang baru di kawasan tersebut, menjadikannya pusat aktivitas ekonomi lokal.

jalan Lingkar Luar Jalancagak memang dirancang untuk meningkatkan konektivitas antara Subang dan Bandung, namun dampaknya jauh melampaui sekadar memudahkan perjalanan. Peningkatan aktivitas ekonomi lokal, terutama di sektor perdagangan kecil, merupakan salah satu dampak positif yang dirasakan langsung oleh warga sekitar.(hdi/sep)

Berita Terkait