Daerah

SMAN 1 Purwadadi Perkenalkan Seni Sisingaan, Penerapan P5 Kearifan Lokal

SMAN 1 Purwadadi
SMAN 1 Purwadadi menggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengambil tema kearifan lokal di lingkungan sekolah dengan memperkenalkan seni Sisingaan.(Nisa Atiatul/Pasundan Ekspres)

SUBANG-SMAN 1 Purwadadi menggelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengambil tema kearifan lokal di lingkungan sekolah. 

Tema kearifan lokal ini memperkenalkan budaya subang, dengan mendalami budaya sisingaan. "Kegiatan P5 ini mengangkat tema kearifan lokal, budaya yang diperdalami sisingaan," kata Agus Subhan selaku Koordinaor P5 SMAN 1 Purwadadi kepada Pasundan Ekspres, Selasa (24/9).

Pengangkatan budaya sisingaan ini dilihat karena Kabupaten Subang yang terkenal dengan sisingaan. "Kenapa mengambil budaya sisingaan yang diperdalam itu yang pertama daerah Purwadadi banyak grup sisingaan, jadi itu lebih mudah untuk anak-anak untuk belajar, karena dekat dengan lingkungan. Yang kedua memang ini adalah pertama kali karena sisingaan sudah terkenal di Subang," jelasnya.  

Kegiatan P5 ini berlangsung selama dua minggu yang dimulai pada tanggal 9 September 2024 hingga di puncak acara pada 24 September 2024. Selain itu, kegiatan ini juga turut dihadiri oleh orang tua siswa, kepala sekolah, guru serta seluruh staf SMAN 1 Purwadadi. 

Kemudian, Agus mengatakan bahwa kegiatan P% ni dilakukan oleh kelas X dari 12 kelas. "kegiatan ini di ikuti oleh kelas X dari 12 kelas, perkelasnya itu ada 36 orang jadi keseluruhan ada 200-300 siswa," tuturnya . 

Agus juga berharap adanya kegiatan ini bisa menambah kesadaran para siswa tentang pentingnya budaya, khususnya budaya di Kabupaten Subang. "Harapannya yang pertama ya tentu awareness terhadap budaya lokal, bukan hanya tau tapi lebih bisa mendalami juga makna sejarahnya dll," harapnya. 

Selain itu, Agus juga menginginkan adanya pengalaman yang didapat oleh para siswa-siswi terhadap budaya Kabupaten Subang. "Selain itu juga pengalaman, bukan hanya menonton tapi mereka juga merasakan gimana jadi praktisi sisingaan," inginnya.(nsa/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua