Daerah

Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Purwadadi Gemilang di Tingkat Provinsi

SMAN 1 Purwadadi
Ekstrakulikuler Jurnalistik SMAN 1 Purwadadi berprestasi gemilang di tingkat Provinsi, hal itu diraih oleh ekskul ini melalui lomba film pendek, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional dalam lomba Film Pendek.(Nisa Atiatul/Pasundan Ekspres)

SUBANG: Ekstrakulikuler Jurnalistik SMAN 1 Purwadadi berprestasi gemilang di tingkat provinsi, hal itu diraih oleh ekskul ini melalui lomba film pendek, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional.

Dalam lomba film pendek tersebut, ekskul Jurnalistik SMAN 1 Purwadadi mewakili Kabupaten Subang di tingkat provinsi. "Untuk pertama kali ikut lomba, kami meraih Juara 2 dalam lomba vlog sejarah yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, kemudian meraih juara 1 pada mata lomba film pendek FLS2N tahun 2024 dan menjadi perwakilan kabupaten Subang untuk lomba film pendek di tingkat provinsi, di tingkat provinsi kami hanya mampu meraih peringkat 10 dari 27 kabupaten dan kota," kata Andi Aris selaku Koordinator Ekstrakulikuler Jurnalistik kepada Pasundan Ekspres. 

Tak hanya sampai di situ saja, kreativitas para siswa-siswinya juga terus dikembangkan melalui penerbitan majalah online. "Kita sudah menerbitkan majalah online, meskipun tidak sesuai target. Saya menargetkan 1 tahun bisa terbit 3 edisi," tuturnya 

Andi menjelaskan, dalam proses penerbitan majalah online, terdapat tahapan-tahapan yang harus dilalui. "Di kita ada empat divisi, fotografi, videografi, redaksi, dan DKV. Tim redaksi membuat tulisan, fotografi mengambil gambar, dan DKV menyusun majalahnya," tuturnya.

Untuk isi dari majalahnya sendiri ialah berita seputar kegiatan di sekolah. Selain itu, Majalah online ini juga menjadi penghubung antara alumni dan calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Purwadadi. "Karena majalah ini disebar secara online, jangkauannya lebih luas. Alumni bisa tahu kegiatan terbaru di sekolah dan calon siswa bisa melihat apa yang ada di SMAN 1 Purwadadi," jelasnya.

Selain itu, ekskul jurnalistik SMAN 1 Purwadadi juga memiliki komik digital yang diunggah di media sosial instagram @detik_smadi, dengan beberapa edisi yang menarik bagi remaja. 

Andi juga mengharapkan, kedepannya anggota ekskul ini dapat terus menambah pengalaman dan mempertahankan prestasi yang telah diraih. "Harapannya, prestasi anak-anak bisa dipertahankan, konsisten, dan membuat sesuatu yang dapat menambah pengalaman serta wawasan," harapnya.(nsa/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua