Daerah

Tira Tirtona Resmi Jabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Subang Kelas IB

Tira Tirtona (tengah) resmi menjabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Subang Kelas IB. (Muhammad Faisal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Ketua Pengadilan Negeri Subang Dr. Ardhi Wijayanto, S.H.,M.Hum melantik Tira Tirtona, S.H., M.Hum sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Subang Kelas IB di Pengadilan Negeri Subang, Jumat (5/1). 

 
"Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas taufik dan hidayahnya, maka pada hari ini tanggal 5 Januari 2024 saya Ketua Pengadilan Negeri Subang dengan ini secara resmi melantik saudara Tira Tirtona, S.H., M.Hum., sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Subang Kelas IB," ucapnya. 
 
Dalam kesempatan tersebut Ia memberikan kepercayaan serta harapannya kepada Tira. 
 
"Saya percaya bahwa saudara (Tira) akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa bersama kita," ucapnya. 
 
Selepas prosesi pelantikan yang dilakukan, Tira mengungkapkan rasa gembiranya dan menyampaikan kesan pertama ketika pertama kali ditugaskan di Subang. 
 
"Ketika saya pertama kali dapat penempatan di Subang saya cek ternyata memiliki laut dan juga gunung. Artinya secara falsafah Subang memiliki daerah dingin dan panas. Saya akulturasi kebudayaan di Subang ini membuat etos kerja kita ini terbangun  karena di sini heterogen dan biasanya dapat memacu kerja dan cara berfikir kita menjadi semakin maju. Saya senang berada di Subang," ucapnya. 
 
Pasalnya Tira baru pertama kali ditugaskan di daerah Subang. Sebelumnya Ia menghabiskan sebagian besar karirnya di Sumatera Utara.
 
Ia pernah menjadi Calon Hakim Tanjung Balai, kemudian menjadi Hakim di Pengadilan Negeri Kisaran, Hakim di Pengadilan Negeri Kabanjahe, Hakim di Pengadilan Negeri Binjai, dan akhirnya keluar di Pengadilan Negeri Cibinong. 
 
Sebelum menjadi Wakil Ketua di Pengadilan Negeri Subang, dirinya terlebih dahulu Wakil Ketua di Pengadilan Negeri Kayu Agung Sumatera Selatan. 
 
Tira juga berkomitmen untuk terus menjalankan program-program dari Mahkamah Agung serta menuruti kebijakan dari Ketua Pengadilan Negeri Subang. 
 
"Mahkamah Agung itu memiliki program dan kita tidak biaa memiliki program sendiri-sendiri, jadi kami akan menjalankan program-program dari Mahkamah Agung dan apapun kebijakan dari Ketua Pengadilan yang berkaitan dengan menjalankan visi misi Mahkamah Agung akan saya laksanakan. Sebab saya merupakan wakilnya," ucapnya. 
 
Diketahui Tira menggantikan Dr. Abdul Aziz S.H., M.Hum. sebagai Ketua Pengadilan Negeri Subang Kelas IB. Maka dari itu, Ia berharap agar bisa beradaptasi dengan baik dan dapat mencapai target yang dicanangkan. 
 
"Saya akan mempelajari dulu mulai dari kultur etos kerja dan lain sebagainya, kemudian saya akan mulai menyesuaikan langkah yang sudah ada di sini. Saya yakin PN Subang ini sudah baik dan jika saya cepat berakselerasi maka pencapaian target baik itu awal, pertengahan, dan akhir tahun akan tetap terlaksana," ucapnya. 
 
Ia berharap agar masyarakat Subang dapat terbuka untuk menerimanya sehingga dapat bekerja dengan baik. 
 
"Saya mengharapkan dengan adanya saya  di sini dan masyarakat yang lebih terbuka  di Subang ini, membuat saya bisa dapat diterima dan dapat bekerja lebih nyaman sehingga capaian-capaian tersebut dapat dilaksanakan," ucapnya.(fsh/ysp) 
 
Tag :

Berita Terkait