Daerah

SBPUJI Hadir Berikan Perlindungan dan Advokasi Buruh di Subang

Dinas Tenaga Kerja Subang
Penyerahan SK Pencatatan Serikat Buruh SBPUJI FSBP-KASBI Kabupaten Subang kepada Dinas Tenaga Kerja.(Hadi Martadinata/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Serikat Buruh Persatuan Uwu Jump Indonesia (SBPUJI) resmi telah dicatatkan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Subang. Penyerahan surat keterangan pencatatan serikat buruh ini dari Dinas Tenaga Kerja Kab Subang dilakukan pada Rabu (2/10), dengan didampingi oleh Sekretaris Umum Federasi Serikat Buruh Perjuangan (FSBP) KASBI Kabupaten Subang bersama pengurus serikat pekerja tingkat pabrik dari PT Uwu Jump Indonesia, yang berlokasi di Pagaden.

SBPUJI merupakan serikat buruh yang dibentuk oleh buruh-buruh PT Uwu Jump Indonesia dan kini telah bergabung menjadi bagian dari FSBP-KASBI. Serikat ini menjadi anggota baru yang melengkapi keanggotaan FSBP-KASBI di berbagai perusahaan besar lainnya di Kabupaten Subang, seperti di PT Taekwang, PT Inawan, dan Eco Paper.

Sekretaris Umum FSBP-KASBI Subang Rahmat Saputra, dalam pernyataannya mengatakan, tujuan utama dari pembentukan SBPUJI adalah untuk memperjuangkan kesejahteraan anggota dan keluarganya, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh. "Fokus kami adalah memperjuangkan kenaikan upah, dan tunjangan-tunjangan lainnya serta memastikan bahwa hak-hak normatif buruh di PT Uwu Jump diberikan dengan pasti oleh perusahaan," ujarnya.

Selain itu, Rahmat juga menegaskan SBPUJI tidak hanya memperjuangkan kesejahteraan, tetapi juga hadir untuk memberikan perlindungan dan advokasi bagi buruh yang menghadapi permasalahan ketenagakerjaan di PT Uwu Jump Indonesia. SBPUJI akan berupaya untuk menjaga hak-hak buruh agar tetap terlindungi dan terpenuhi.

Mengenai tantangan ke depan, terutama dengan perkembangan industri dan digitalisasi, Rahmat menambahkan, SBPUJI akan memberikan pendidikan dan pemahaman kepada anggotanya terkait dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan serta perubahan industri yang terus berkembang. "Kami akan memberikan edukasi kepada para buruh tentang bagaimana menghadapi digitalisasi agar mereka tidak tertinggal dan tetap produktif di era industri modern ini," lanjutnya.

Rahmat juga berharap kehadiran SBPUJI dapat menjadi mitra yang baik dan bersinergi dengan PT Uwu Jump Indonesia, guna menciptakan hubungan industrial yang harmonis dan saling menguntungkan. "Kehadiran kami diharapkan dapat membantu memajukan perusahaan dan meningkatkan kesejahteraan buruh PT Uwu Jump Indonesia, sehingga tercipta kesejahteraan bersama," pungkasnya.(hdi/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua