Daerah

Ketua KPU Subang: Mereka Miliki Peran Penting ,759 Anggota PPS Siap Sukseskan Pilkada

Ketua KPU Subang
PELANTIKAN: Sebanyak 759 anggota PPS dilantik langsung oleh KPU Kabupaten Subang, Abdul Muhyi.(cindy desita putri/pasundan ekspres)

SUBANG-Sebanyak 759 anggota PPS dilantik langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, sesuai dengan Surat Keputusan Ketua KPU Kabupaten Subang Nomor 795 Tahun 2024. Pelantikan dilakukan di Laska Hotel Subang, Minggu (26/5).

Ketua KPU Kabupaten Subang, Abdul Muhyi menjelaskan, anggota PPS berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Subang. Mereka terdiri dari PPS yang berpengalaman di Pemilu 2024 dan anggota baru yang siap berkolaborasi untuk keberhasilan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Subang.

"Sebuah keberhasilan tidak terlepas dari peran serta dari PPS. Pemerintah, PPS, dan peserta pemilih memiliki peran penting dan sangat strategis. Oleh karena itu, dukungan dari semuanya sangat penting untuk menyukseskan Pilkada yang akan terlaksana pada tanggal 27 November 2024," ujar Abdul Muhyi.

Sekda Kabupaten Subang, Asep Nuroni mengapresiasi kerja keras jajaran KPU dalam menyelesaikan tahapan seleksi hingga pelantikan PPS di Kabupaten Subang. 

Sekda berharap anggota PPS yang terpilih dapat bertugas dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab untuk menyukseskan Pilkada 2024 dengan menjaga netralitas, profesionalitas, dan independensi.

"Pahami seluruh aturan atau regulasi yang berkaitan dengan tahapan pemilu. Terapkan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu sesuai pasal 3 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, yang menyebutkan ada 9 prinsip penyelenggaraan pemilu, yaitu mandiri, jujur, hadir, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien," ujarnya.

Sekda Subang juga menekankan pentingnya memperkuat kerja tim di jajaran PPS dan sekretariat, serta menjaga koordinasi dengan pihak desa/kelurahan dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. 

"Kepada anggota PPS yang telah dilantik, segera berkoordinasi dengan kepala desa atau kelurahan, melakukan silaturahmi, dan berkoordinasi mengenai fasilitas yang dapat dipergunakan dalam pelaksanaan tugas PPS nantinya, serta berkoordinasi tentang sekretariat TPS desa/kelurahan," tambahnya.

Ia menegaskan, kesuksesan Pilkada 2024 akan tercapai berkat kerjasama dan kondisi kondusif dari berbagai aspek, termasuk partisipasi pemilih yang cukup tinggi dan minimnya konflik atau gugatan.(cdp/ysp)

Berita Terkait