Daerah

Bakar Sampah di Lahan Kosong, Dapur Milik Warga di Desa Gunungsari Ludes Terbakar

Warga saat membersihkan puing-puing sisa kebakaran salahsatu rumah warga Desa Gunungsari, Kecamatan Pagaden.
Warga saat membersihkan puing-puing sisa kebakaran salah satu rumah warga Desa Gunungsari, Kecamatan Pagaden.

SUBANG-Kebakaran terjadi di lahan kosong seluas 1,5 hektar di Kampung Bakanmindi, Desa Gunungsari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, pada Senin (16/9) siang. 

Kebakaran tersebut diduga dipicu oleh pembakaran sampah yang dilakukan oleh oknum warga setempat.

Sekretaris Desa Gunungsari, Ahmad Hidayat, mengonfirmasi bahwa kejadian ini pertama kali diketahui oleh seorang warga yang melihat kepulan asap di area lahan kosong tersebut. 

“Sekitar pukul 11.00 WIB, saksi melihat kepulan asap dari sebelah utara lahan yang terbakar,” ungkap Ahmad.

Dalam waktu singkat, api semakin membesar dan merambat hingga membakar bagian dapur rumah milik Enung, warga Kampung Bakanmindi RT 04/RW 02. 

"Saksi lain segera memberitahukan kepada warga bahwa api semakin membesar. Para saksi kemudian melaporkan kejadian ini ke pemerintahan desa," lanjutnya.

Sekitar pukul 11.30 WIB, petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Subang tiba di lokasi dengan dua unit mobil pemadam kebakaran, dibantu oleh dua unit dari BPBD Kabupaten Subang. Api berhasil dipadamkan tidak lama setelah petugas tiba.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam insiden ini. Namun, pemilik rumah mengalami kerugian materiil akibat kerusakan pada bagian dapurnya.

Kebakaran akibat pembakaran sampah menjadi masalah serius di wilayah pedesaan dan perkotaan. 

Pemerintah Desa Gunungsari mengimbau warga untuk lebih berhati-hati dan tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan guna menghindari kejadian serupa di masa mendatang. (cdp/ysp) 

 

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua