Daerah

Mahasiswa Kampus Mengajar Diminta Buat Metode Pembelajaran Menyenangkan

ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES TERIMA MAHASISWA: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto saat menerima puluhan mahasiswa program Kampus Mengajar di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta DR. H. Purwanto, M.Pd., resmi menerima mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Senin (19/2).

Dalam sambutannya, Kang Ipung, panggilan akrab Purwanto, mengatakan, mahasiswa dalam pengabdiannya agar dapat membantu sekolah dengan membuat metode pengajaran yang menyenangkan. "Sehingga, peserta didik merasa senang dan asyik selama pembelajaran. Mahasiswa Kampus Mengajar juga harus menjadikan literasi dan numerasi menjadi orientasi pada program ini," kata Kang Ipung kepada wartawan.

Dijelaskannya, dengan menjadikan literasi dan numerasi sebagai orientasi utama bagi Kampus Mengajar maka harus dibuat cara pembelajarannya, evaluasianya dan model pembelajarannya. "Yang nantinya bisa ditularkan kepada kepala sekolah dan guru,” ujarnya menambahkan.

Kang Ipung menambahkan, mahasiswa Kampus Mengajar harus sudah mempunyai analisa terhadap sekolah yang akan menjadi tempat mereka mengabdi sehingga tidak membanding-bandingkan karakter guru dan kepala sekolah yang lain. "Disdik Purwakarta sudah mempunyai model pembelajaran yang mengintegrasikan antara Kurikulum Merdeka dan kurikulum lokal yaitu Tatanen di Bale Atikan (TdBA) yang sudah diakui kehebatannnya di tingkat nasional. Dengan demikian, mahasiswa harus mempelajari ilmunya sehingga nanti di sekolah tidak hanya mengajar tetapi juga belajar," ucapnya.

Untuk diketahui, pada 2024 ini tercatat mahasiswa Kampus Mengajar di Purwakarta berjumlah 60 orang. Mereka berasal dari berbagai kampus, baik di dalam maupun di luar Purwakarta. Ke-60 mahasiswa ini ditempatkan di 13 sekolah yang terpilih dengan rincian tiga SMP dan 10 SD.(add/sep)

 

Berita Terkait