Daerah

Awasi Bersama Anggaran yang Masuk ke Desa

DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES PEMBANGUNAN: Infrastruktur jalan desa sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pembangunan ini berasal dari anggaran pemerintah untuk keperluan masyarakat.

SUBANG-Menyoroti soal kucuran anggaran yang akan turun ke desa tahun ini, cukup besar dan signifikan. Oleh karena itu penggunaannya perlu diawasi bersama baik dari pemerintah, aparat penegak hukum dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Nuansa (Nurani Anak Bangsa) Ujang Badag. Berdasarkan hasil pantauan bahwa tahun 2024 ini, nilai anggaran yang akan turun ke desa mencapai angka ratusan milyar. Misalnya Dana Desa ke Subang mencapai Rp277 miliar.

Oleh karena itu, lanjut Ujang bahwa porsi anggaran sebesar itu, harus ada pengawasan yang intens dan melekat. Di mana Saat realisasi penggunaan anggaran harus sesuai yang direncanakan bersama lewat musyawarah desa.

"Porsi anggaran dana desa yang besar ini, harus kita awasi bersama, terutama saat realisasi, agar manfaat dari anggaran itu dapat dirasakan oleh masyarakat," tuturnya.

Hasil penelusuran Pasundan Ekspres, bahwa penggunaan dana desa umumnya digunakan untuk bidang fisik, selain itu ada pula untuk pemberdayaan masyarakat serta pelatihan peningkatan sumberdaya manusia. Bidang yang lainya yaitu sosial budaya ekonomi dan pendidikan.

Oleh karena itu, Pemdes harus merencanakan kegiatan rencana penggunaan anggarannya pada bidang bidang diatas tadi. Serta aturan dan porsi lain yang diatur oleh Kemendes.(dan/ysp)

Berita Terkait