PasundanEkspres - Setelah sempat meninggalkan pasar, Motorola kini memastikan kehadirannya kembali di Indonesia.
Dalam pernyataan resmi pada Kamis (13/2/2025), Motorola menegaskan komitmennya untuk menghadirkan teknologi inovatif guna meningkatkan pengalaman pengguna di Indonesia.
Motorola juga berinvestasi di Indonesia melalui produksi lokal dengan menggandeng PTSN, salah satu produsen EMS terbesar di tanah air. Kemitraan ini memungkinkan penggunaan peralatan manufaktur kelas dunia, memastikan produksi berkualitas tinggi, serta mendukung peningkatan volume dan variasi produk.
Lebih dari itu, Motorola juga memproduksi PCBA secara menyeluruh di Indonesia, termasuk melokalisasi komponen penting seperti pengisi daya dan kemasan. Langkah ini menegaskan komitmen jangka panjang perusahaan terhadap pasar Indonesia.
Strategi yang diusung Motorola adalah ‘local for local’, yang tidak hanya berfokus pada produksi dalam negeri, tetapi juga pengembangan kemitraan lokal, penyesuaian perangkat lunak dan aplikasi, serta tenaga kerja lokal. Motorola telah mengantongi sertifikasi TKDN dan POSTEL dari pemerintah Indonesia, sementara proses manufaktur lokal telah berjalan sepenuhnya dan siap untuk peluncuran perdana pada Februari 2025.
Berdasarkan pantauan Pasundan Ekspres di laman TKDN milik Kementerian Perindustrian, sejak November lalu terdapat satu perangkat Motorola yang telah mendapatkan sertifikasi TKDN, yaitu ponsel dengan kode XT2363-9. Jika ditelusuri, perangkat tersebut adalah Moto G34 5G, meskipun belum dapat dipastikan apakah model ini yang akan dirilis di Indonesia.
“Kami di Motorola berkomitmen menghadirkan produk inovatif dengan desain unggulan bagi konsumen di Indonesia. Dengan keahlian global dalam desain dan inovasi produk serta pendekatan ‘local for local’, kami yakin dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Bagus Prasetyo, Country Head of Motorola Indonesia.
Dari informasi di profil LinkedIn-nya, Bagus menjabat sebagai pemimpin Motorola Indonesia sejak November 2024, setelah sebelumnya bekerja sebagai Direct to Customer di Samsung Indonesia.
“Pendekatan ini diperkuat dengan investasi kami dalam tim lokal, manufaktur, perangkat lunak, aplikasi, komponen, serta strategi pemasaran. Komitmen ini menegaskan dedikasi jangka panjang kami di Indonesia serta ambisi untuk terus berinvestasi secara berkelanjutan di pasar ini,” tambahnya.
Motorola menjanjikan bahwa ponsel yang akan segera diluncurkan di Indonesia dirancang bagi pengguna yang menginginkan kombinasi antara gaya dan performa. Dengan desain elegan, fitur canggih, serta konektivitas yang lancar, seri terbaru Moto akan menetapkan standar baru di industri.
“Kami telah menciptakan sesuatu yang luar biasa untuk gaya hidup sehari-hari masyarakat Indonesia. Bersiaplah untuk tampil lebih bergaya dengan smartphone Moto terbaru kami,” tutup Bagus.