Gadget

iPad Air 2024 Terobosan Baru dalam Kreativitas dan Kinerja!

iPad Air 2024
iPad Air 2024 kini sudah diluncurkan. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - iPad Air terbaru tahun 2024 telah resmi diluncurkan oleh Apple dalam acara daring yang berjudul Let Loose pada Selasa malam (7/5/2024). Beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya telah diperkenalkan pada tablet ini.

"Banyak pengguna - termasuk pelajar, pembuat konten, hingga pemilik usaha kecil - menyukai iPad Air karena kinerjanya, portabilitasnya, dan keserbagunaannya, semuanya dengan harga yang terjangkau. Sekarang, iPad Air menjadi lebih baik," ungkap Bob Borchers, Wakil Presiden Pemasaran Produk Apple.

iPad Air 2024 hadir dalam dua opsi ukuran, yaitu 11 inci dan 13 inci, keduanya dilengkapi dengan layar Liquid Retina Display.

iPad Air 13 inci baru menawarkan ruang layar 30% lebih luas daripada model 11 inci. Layar yang lebih luas memberikan pengguna lebih banyak ruang untuk memanfaatkan fitur Split View di iPadOS.

Apple telah memindahkan kamera depan dari posisi sebelumnya di sisi kiri menjadi di atas layar saat digunakan dalam mode landscape. Kamera ultra-wide 12 MP yang dilengkapi dengan fitur Center Stage telah dipasang untuk meningkatkan pengalaman panggilan video.

Kamera belakang berukuran 12 MP mampu mengambil foto dengan resolusi tinggi dan merekam video 4K dengan dukungan gerakan lambat hingga 240 fps. Mikrofon ganda juga dipasang untuk mengurangi gangguan dari kebisingan latar belakang.

iPad Air terbaru juga dilengkapi dengan speaker stereo lanskap yang dilengkapi dengan Audio Spasial. Model 13 inci memiliki kualitas suara yang lebih baik dengan bass ganda, meningkatkan pengalaman dalam mendengarkan musik dan menonton video.

Kedua tablet ini didukung oleh chip M2 yang diklaim 50% lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dengan M2, iPad Air 2024 memiliki Neural Engine 16-core yang lebih efisien dan 40% lebih cepat dibandingkan dengan M1.

Dengan akselerator ML di CPU dan GPU, iPad Air mampu memproses kecerdasan buatan dengan lancar, memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur-fitur seperti Visual Look Up, Subject Lift, atau Live Text di iPadOS.

iPad Air juga mendukung solusi berbasis cloud, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi produktivitas dan kreatifitas tingkat lanjut yang memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan, seperti Microsoft Copilot untuk Microsoft 365 dan Adobe Firefly.

Apple telah menambahkan fitur Touch ID yang terintegrasi dengan tombol daya. Selain itu, iPad Air juga dilengkapi dengan dukungan WiFi 6E dan 5G untuk koneksi yang lebih cepat.

Harga dan Warna

Tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu space gray, starlight, purple, dan blue, iPad Air 2024 sudah dapat dipesan mulai 7 Mei di beberapa negara dan akan dijual mulai minggu depan, tepatnya 15 Mei.

Harga iPad Air 2024 dimulai dari USD 599 atau sekitar Rp 9,6 juta untuk model 11 inci. Sementara untuk model 13 inci, harganya adalah USD 799 atau sekitar Rp 12,8 juta.

iPad Air dapat digunakan dengan Magic Keyboard, yang dilengkapi dengan desain mengambang, trackpad internal, dan keyboard dengan lampu latar. Atau dapat juga dipasangkan dengan Smart Folio baru secara magnetis yang mendukung berbagai sudut pandang untuk fleksibilitas yang lebih baik. Keduanya tersedia dengan harga mulai dari USD 299 atau sekitar Rp 4,7 juta (magic) dan USD 79 atau sekitar Rp 1,3 juta (folio).

Selain itu, iPad Air 2024 juga mendukung Apple Pencil Pro, memungkinkan pengguna untuk mengembangkan ide mereka dengan lebih intuitif. Harga Apple Pencil Pro di AS adalah USD 129 atau sekitar Rp 2,1 juta.

Berita Terkait