Kesehatan

Kenapa Sering Menguap Padahal Tidak Mengantuk?

Kenapa Sering Menguap Padahal Tidak Mengantuk?
Ilustrasi orang mengantuk (dok.pexels.com/Andrea Piacquadio)

PASUNDAN EKSPRES - Kenapa sering menguap padahal tidak mengantuk? Menguap umumnya menandakan seseorang mengantuk dan membutuhkan istirahat. Namun, ternyata ada, lho seseorang yang sering menguap padahal tidak mengantuk. Kira-kira kenapa, ya? Yuk, kita bahas di bawah ini. 
 
Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh alodokter.com, selain karena mengantuk, lelah, atau bosan, kebanyakan ahli berpendapat bahwa menguap adalah salah satu mekanisme tubuh yang wajar untuk meningkatkan jumlah oksigen dan mendinginkan otak.

BACA JUGA:Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi JMO

Di samping itu, Anda bisa juga menguap jika melihat orang lain di sekitar Anda yang juga menguap.Sering menguap tidak selalu mengindikasikan suatu penyakit. Karenanya Anda tidak perlu panik dulu. Untuk mengatasinya, cobalah Anda lakukan beberapa langkah berikut:

- Biasakan tidur teratur 6-9 jam setiap hari

- Tingkatkan kualitas tidur Anda, seperti dengan membatasi aktifitas yang melelahkan di sore hingga malam hari, tidak juga makan dan minum terlalu banyak di malam hari, lakukan meditasi atau berendam di air hangat sebelum tidur, kenakan pakaian tidur yang nyaman, kondisikan kamar tidur agar redup dan hening.
- Batasi kafein, jauhi rokok dan NAPZA
- Sukai aktifitas yang sedang Anda kerjakan
- Giat berolahraga dan terapkan gaya hidup sehat di keseharian Anda

BACA JUGA:Hati-Hati! Makan Mie Kebanyakan Bisa Bikin Usus Kamu Lambat, Nih Penjelasannya

Pada kasus tertentu, menguap berlebihan bisa juga terjadi karena anemia, kekurangan nutrisi tertentu, apnea tidur, sindroma kelelahan kronis, gangguan kelenjar tiroid, stroke, tumor otak, epilepsi, diabetes, gangguan hati, narkolepsi, dan banyak lagi penyakit lainnya. 

Karenanya, jika keluhan Anda tidak kunjung membaik usai melakukan trik di atas, jangan sungkan diperiksakan langsung ke dokter, ya. Semoga membantu.

(nym) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua