Kesehatan

Muncul Garis Putih Pada Kuku Tangan, Tanda Leukonikia?

Muncul Garis Putih Pada Kuku Tangan, Tanda Leukonikia?
Ilustrasi kuku (dok.pexels.com/cottonbro studio)

PASUNDAN EKSPRES - Disadari atau tidak, sebagian orang mungkin saja memiliki garis putih yang muncul pada kuku. Kemunculan garis putih pada kuku itu disebut dengan Leukonikia. Apa itu Leukonikia? Leukonikia adalah kondisi medis yang berciri bintik atau garis-garis putih pada kuku.

Munculnya garis ini sebenarnya adalah hal yang wajar dan jarang menandakan kondisi serius. Meski begitu, leukonikia umumnya disebabkan oleh cedera atau faktor lain. Leukonikia juga bisa timbul saat seseorang keracunan logam berat, seperti timbal dan arsenik. Hal ini bisa membuat bagian kuku muncul garis-garis putih. 

BACA JUGA:10 Manfaat Bauh Salak yang Jarang Diketahui Banyak Orang!

Pengobatan juga bisa memicu timbulnya garis putih pada kuku. Kemoterapi untuk kanker, yang diberikan melalui mulut, injeksi, atau infus melalui kulit untuk membunuh sel kanker bisa menyebabkan leukonikia.

Selain itu, sulfonamid, obat yang digunakan untuk infeksi bakteri, seperti infeksi kulit, septikemia, dan infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan kondisi ini. Ada beberapa kondisi medis yang disinyalir memicu timbulnya bintik putih pada kuku, salah satunya adalah menderita Anemia defisiensi besi yaitu kekurangan zat besi dalam tubuh.

Adapun dalam kasus yang sangat jarang, leukonikia mungkin menurun secara genetik. Namun, kondisi ini biasanya akibat adanya sindrom kompleks yang langka.

BACA JUGA:Apa itu Glaukoma dan Bagaimana Bisa Terjadi? Yuk Simak disini!

Cara Mencegah Leukonikia

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya bintik putih pada kuku. Berikut tipsnya:

- Hindari bersentuhan dengan zat iritan, seperti sabun, deterjen dan bahan kimia lain yang bersifat keras.

- Sebaiknya, hindari penggunaan cat kuku secara berlebihan atau terlalu sering. Kurangi pula kebiasaan manicure dan pedicure yang bisa melukai kuku. 

- Jangan memotong kuku terlalu pendek.

- Usahakan kuku dan kulit sekitarnya tetap lembap. Caranya dengan menggunakan pelembap usai membersihkannya. 

Dalam kebanyakan kasus, bintik-bintik putih pada kuku bukan masalah yang serius dan akan hilang seiring waktu. Namun, kalau kamu khawatir dan mengalami gejala lain, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penjelasan yang lebih akurat. 

(nym) 

 

Berita Terkait