Lifestyle

5 Amalan Khusus di Bulan Rajab, Perbanyak Istighfar

5 Amalan Khusus di Bulan Rajab, Perbanyak Istighfar
Ilustarasi orang sholat di masjid (dok.pexels.com/Melike Sayar Melikesayar)

PASUNDAN EKSPRESRajab adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Karena dalam kalender masehi, 1 Rajab 1445 H yang jatuh mulai tanggal 13 Januari 2024  dapat mengdatangkan kemuliaan. 

Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita dapat mengamalkan amalan khusus yang pahalanya gak main-main saat dikerjakan di bulan Rajab. Lantas, apa saja amalan khusus di bulan Rajab? Berikut rangkumannya.  

1. Berpuasa 

Amalan khusus yang bisa dilakukan selama bulan Rajab adalah berpuasa. Adapun jadwal puasa di bulan Rajab adalah mulai tanggal 13, 14, 15 Januari 2024 atau 1,2,3 Rajab 1445 H. 

Selain puasa Rajab, terdapat pula puasa Ayyamul Bidh yang dapat dilakukan mulai 25, 26, 27  Januari 2024 atau 13, 14, 15 Rajab 1445 Hijriyah.

Puasa di bulan Rajab termasuk dalam salah satu amalan yang dianjurkan. Seperti yang tertulis dalam hadits riwayat Abu Daud berikut ini .

 

صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ صُمْ مِنْ الْحُرُمِ وَاتْرُكْ

Artinya: "Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah!" (HR Abu Daud dan yang lainnya).

Jika ingin berniat menjalankan puasa Rajab, kamu bisa melafalkan niat puasa sebagai berikut ini:

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT.

BACA JUGA:4 Keutamaan Bulan Rajab, Waktu yang Tepat untuk Bertobat

2.  Memperbanyak istighfar

Bulan Rajab atau biasa disebut  “Syahr Al-Istigfar”, berarti perbanyaklah istigfar di bulan ini. 

Pada dasarnya, setiap manusia tidak terlepas dari salah dan khilaf. Sehingga dianjurkan untuk memperbanyak memohon ampunan di bulan Rajab.

Sebab, Rajab sendiri berarti ‘mencurahkan’, di mana Allah Ta’ala mencurahkan rahmat-Nya kepada umat-Nya. Oleh karena itu, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

BACA JUGA:Jadwal Puasa Rajab dan Ayyamul Bidh, Jangan Sampai Terlewat!

3.Bersedekah

Selain puasa dan memperbanya istighfar, bersedekah juga termasuk amalan bulan Rajab yang sangat dianjurkan. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW di bawah ini:

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من تصدق في رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا حتى مات هرما

Artinya:“Nabi Muhammad SAW bersabda, siapa yang sedekah di bulan Rajab maka Allah Ta’ala menjauhkan dirinya dari neraka sejauh jarak terbang seekor burung elang yang terbang dari kecil hingga mati.”

4. Perbanyak membaca sholawat

Istighfar dan sholawat tidak bisa terpisahkan, sehingga sebaiknya selalu diamalkan dalam keseharian kita sebagai umat muslim. 

Oleh sebab itu, di bulan Rajab ini memperbanyak sholawat sangat dianjurkan. Anjuran ini sebagaimana tertulis dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 berikut ini: 

اِنَّاللّٰهَوَمَلٰۤىِٕكَتَهٗيُصَلُّوْنَعَلَىالنَّبِيِّۗيٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِوَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS. Al-Ahzab: 56).

5. Sholat Malam

Amalan berikutnya yang bisa dilakukan d bulan Rajab  adalah dengan melakukan sholat malam.

Amalan ini juga sering dilakukan pada zaman dulu oleh Sayyidina Ali. Turut dijelaskan pula dalam kitab al-Ghun-yah oleh Syekh Abdul Qadir Jaelani, bahwa Sayyidina Ali fokus dalam menjalankan ibadah pada empat malam dalam satu tahunnya. Salah satunya pada malam pertama bulan Rajab.

(nym) 

 

Berita Terkait