Lifestyle

Cara Membuat Egg Tart yang Mudah untuk Koleksi Sajian Kue Lebaran

Cara Membuat Egg Tart yang Mudah untuk Koleksi Sajian Kue Lebaran
Cara Membuat Egg Tart yang Mudah untuk Koleksi Sajian Kue Lebaran (Image From: Food Network)

PASUNDAN EKSPRES - Cara membuat egg tart ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan sebagai kue Lebaran yang memikat hati.

Egg tart merupakan kue yang memiliki kulit renyah dengan topping adonan custard yang terbuat dari telur, susu, gula, dan bahan lainnya. Egg tart menjadi kue yang cukup populer di Indonesia, lho. Banyak masyarakat yang mencoba membuatnya sendiri. 

BACA JUGA: Resep Nastar Premium yang Lumer di Mulut

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Camilan Lebaran yang Enak, Bikin Temu Kangen Keluarga Makin Seru

Nah, mengenai kue egg tart ini, kalau kamu ingin mencoba mencicipinya, kamu bisa membuatnya di rumah dengan resep egg tart di sini. Kira-kira bagaimana cara membuat egg tart, ya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Egg Tart

Berikut adalah cara membuat egg tart yang bisa kamu buat di rumah sebagai kue Lebaran. Resep ini dilansir dari Endeus.tv, Jumat, (5/4/2024). 

Bahan-bahan:

2 lembar puff pastry siap pakai

Custard:

  • 5 kuning telur, kocok lepas
  • ¼ sdt garam
  • 300 ml susu cair
  • 100 g gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 35 gr tepung terigu serba guna

Cara membuat: 

  1. Pertama kamu bisa mencampurkan tepung terigu dengan 50 ml susu cair sampai merata. Jika sudah tercampur, kamu bisa sisihkan sebentar. 
  2. Di dalam panci, campurkan sisa susu cair, gula pasir, dan garam. Panaskan hingga hampir mendidih dan gula larut, lalu angkat.
  3. Kemudian kamu bisa menuangkan campuran susu ke dalam campuran tepung sembari diaduk sampai semua bahan tercampur rata. Lalu, kamu bisa saring campuran tersebut dan sisihkan. 
  4. Langkah berikutnya adalah memotong setiap lembar puff pastry dengan menggunakan cookies cutter bulat yang berdiameter 10 cm. 
  5. Jika sudah, masukkan setiap potongan puff pastry ke dalam cetakan pie yang kecil yang sudah diolesi oleh mentega tipis. 
  6. Susun cetakan pie di atas loyang datar. Lalu, tuangkan custard ke dalam setiap puff pastry sampai hampir penuh. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 250°C sampai matang (sekitar 20-25 menit).
  7. Cara membuat egg tart sudah bisa kamu sajikan.

Nah, itulah mengenai cara membuat egg tart yang bisa kamu buat di rumah dengan mudah. Semoga artikel ini dapat membantumu. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (ipa)

 

Berita Terkait