Lifestyle

Stres dengan Dunia dan Seisinya? Tips Mengatasi Tekanan Batin yang Harus Kamu Coba

Stres dengan Dunia dan Seisinya? Tips Mengatasi Tekanan Batin yang Harus Kamu Coba
Stres dengan Dunia dan Seisinya? Tips Mengatasi Tekanan Batin yang Harus Kamu Coba (Image From: Pexels/Mizuno K)

PASUNDAN EKSPRES - Tekanan batin atau stres emosional sering kali menjadi bagian dari kehidupan. Tekanan batin dapat disebabkan oleh beragam alasan yang bisa membuat kamu merasa gugup, marah, frustasi berat bahkan sampai stres.

Tekanan batin yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental yang berkepanjangan. Maka dari itu, penting sekali untuk memahami beberapa tips mengatasi tekanan batin. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. 

Tips Mengatasi Tekanan Batin 

Berikut adalah beberapa tips mengatasi tekanan batin yang dilansir dari Psychology Today dan Verywell Mind. 

Latihan Fisik Teratur

Aktivitas fisik adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola stres. Aktivitas fisik bisa membuat jantung kamu menjadi sehat. Kamu bisa mengunjungi gym atau olahraga ringan yang tidak terlalu berat.

Misalnya, bersepeda, jogging, jalan santai, berkebun, main skateboard, hiking, atau bahkan mendayung Dijamin stres kamu akan hilang kalau kamu lakuin aktivitas fisik. 

Aromaterapi

Aromaterapi adalah salah satu metode alami yang semakin populer untuk membantu meredakan stres. Kamu bisa menggunakan minyak esensial seperti lavender, chamomile, atau peppermint.

BACA JUGA: Fenomena Beauty Privilege: Kenapa Si Cakep Selalu Dimaafin?

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Writer's Block yang bikin Pusing dan Mikir Keras

Aromaterapi memanfaatkan aroma yang dihirup untuk mempengaruhi kondisi mental dan emosional seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial ini dapat mengurangi produksi hormon stres,

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah salah satu aspek penting dalam menjaga keseimbangan hidup. Di tengah kesibukan pekerjaan, banyak orang cenderung lupa bahwa tubuh dan pikiran butuh waktu untuk istirahat dan me-recharge.

Keseimbangan antara pekerjaan dan waktu luang bukan hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga berdampak besar pada kesehatan mental. 

Ketika kamu mencoba meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal-hal yang disukai, seperti mengejar hobi, rekreasi, atau hanya sekadar bersantai, hal tersebut membantu mengurangi tekanan dan beban mental yang sering kali muncul akibat rutinitas yang padat.

Berbicara dengan Orang Terdekat

Berbicara dengan orang terdekat, baik itu teman, pasangan, atau anggota keluarga, adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghadapi tekanan emosional.

Dalam situasi penuh stres, berbagi perasaan dan pikiran dengan seseorang yang kamu percayai dapat memberikan rasa lega dan dukungan yang sangat kamu butuhkan.

Orang-orang terdekat kamu sering kali bisa memberikan perspektif baru atau sekadar menjadi pendengar yang baik. Mereka akan membantu kamu dalam menghadapi masalah. 

Nah, itulah mengenai tips mengatasi tekanan batin yang bisa kamu coba. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua