Nasional

KPK Gelar Adu Gagasan Anti Korupsi Dengan 3 Capres-Cawapres

KPK akan menggelar program adu gagasan antikorupsi yang akan melibatkan ketiga paslon capres-cawapres yang akan dilakanakan di markas KPK. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - KPK akan menggelar program adu gagasan antikorupsi yang akan melibatkan ketiga paslon capres-cawapres yang akan dilakanakan di markas KPK. 

Kegiatan Paku Integritas/Adu gagasan tersebut akan berlangsung malam ini pukul 19.00 WIB. KPK juga telah mengkonfirmasi bahwa ketiga paslon akan hadir. 

Paku Integritas ini telah dijalankan oleh KPk sejak tahun 2021, kegiatan tersebut untuk emnguatkan para pejabat untuk tidak korupsi. 

Selain itu, Katua Kpk Nawawi Pomolango juga mengatakan pihaknya telah mendapatkan izin dari KPU untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. 

Nawawi juga mengatakan kalau KPu bilang tidak boleh, ya tidak boleh, kita tidak bisa menjalani. Namun kita sudah mendapatkan lampu hijau bahwa itu bisa dilakukan. 

Nawawi menjelaskan bahwa PAKU Integritas tidak berbentuk debat atau adu program. Dia menjelaskan bahwa melalui PAKU Integritas, KPK akan mengkomunikasikan masalah dan kendala dalam penanganan kasus korupsi.

BACA JUGA:Dewas KPK Beberkan Nilai Pungli di Rutan KPK Capai Rp6,14 Milyar

"Formatnya tidak dalam bentuk debat tadi, soal sebutan yang teman sebutkan tadi bahwa saya pernah berujar debat kusir itu cuma kelepasan saja," kata Nawawi.

"Jadi tidak ada, format seperti debat itu, kami pastikan itu tidak ada. Kemudian, bukan juga adu program, nggak, forum itu kita maksud kan lembaga ingin menyampaikan kepada calon, problem apa saja, hambatan apa saja yang kita temukan dalam upaya pemberantasan korupsi," imbuhnya.

Nawawi menyampaikan bahwa KPK juga akan mengajukan pertanyaan kepada calon presiden (capres) mengenai komitmen mereka dalam menyelesaikan masalah yang diungkapkan oleh para pimpinan KPK. Nawawi mengungkapkan bahwa ada sekitar 6 hingga 10 masalah yang akan disampaikan oleh KPK kepada para capres dan cawapres.

BACA JUGA:Kasus Pungli di Rutan KPK Capai Milyaran, Ini Kata Anggota Dewas KPK

"Apakah kelak kemudian kalau satu di antara mereka terpilih, komitmen untuk menyelesaikan persoalan yang kami sebutkan tadi. Mungkin ada 6 sampai 10 persoalan yang akan diangkat, tetapi barangkali forum ini saya nyebut satu aja gitu barangkali," ujarnya.

KPK telah mengirimkan surat undangan kepada tiga paslon capres-cawapres mengenai kegiatan paku integritas ini. Informasi yang kami dapatkan ketiganya telah dikonfirmasi akan hadir. 

"Iya informasi yang kami peroleh, sejauh ini semua sudah konfirmasi akan hadir," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan

Tag :

Berita Terkait