Nasional

Alasan Ilham Habibie Terjun ke Politik dan Memilih Jabar sebagai Tujuannya

Alasan Ilham Habibie Terjun ke Politik dan Memilih Jabar sebagai Tujuannya
Alasan Ilham Habibie Terjun ke Politik dan Memilih Jabar sebagai Tujuannya (Image From: Screenshot/Instagram @ilham.a.habibie)

PASUNDAN EKSPRES - Alasan Ilham Habibie terjun ke politik. Ilham Akbar Habibie yang merupakan putra sulung mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie, telah diusung oleh Partai Nasdem untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Tawaran Partai NasDem untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat telah diterima dengan baik oleh Ilham Akbar Habibie, putra sulung mantan Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie.

Alasan Ilham Habibie Terjun ke Politik

Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A. adalah seorang pakar penerbangan berdarah Suku Gorontalo dari Indonesia.

Keluarga besarnya berasal dari Kabila, sebuah kecamatan di Provinsi Gorontalo. Ilham Akbar Habibie adalah anak pertama dari pasangan Hasri Ainun Habibie dan B.J. Habibie, yang pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia pada periode 1998-1999.

Ilham Akbar Habibie lahir dan dibesarkan di Jerman Barat, mengikuti ayahnya saat menempuh pendidikan dan bekerja di sana. Selama hampir 31 tahun, Ilham Habibie tinggal dan menetap di Jerman. 

Keputusan Ilham Habibie untuk terjun ke politik sangat mengejutkan publik. Ia yang lahir dan dibesarkan di Jerman, bahkan sampai memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk membangun negara yang lebih baik lagi.

BACA JUGA: Bhineka Tunggal Ika: Kekayaan dalam Keberagaman Indonesia

BACA JUGA: Anies Baswedan vs Ridwan Kamil: Siapa yang Akan Unggul di Pilgub DKI Jakarta 2024?

Ia mengaku alasan mengapa dirinya kembali ke Indonesia untuk terjun ke dunia politik karena ia memiliki idealisme. 

Ia juga mengaku banyak hal yang bisa ia lakukan dalam membangun negara. Namun, untuk mendapatkan dorongan pembangunan agar berjalan lebih cepat, yaitu perlunya masuk ke pemerintahan. 

"Saya lihat di tahun-tahun terakhir ini saya sadar bahwasanya kalau kita mau melakukan satu kemajuan yang susbtansial, kadang itu perlu kita masuk ke dalam ranah pemerintah," ungkapnya, dalam wawancara di program Rosi KOMPAS TV, Selasa (25/6).

Ilham juga menjelaskan bahwa ia serius untuk terlun ke dunia politik sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Walaupun pada awalnya dia bukan berasal dari ranah politik, tapi ia mengaku kalau dirinya adalah pribadi yang cepat belajar. Ia juga mengungkapkan jika dirinya mendapatkan dukungan dari teman-teman sesama politisi. 

Sementara itu, Ilham Habibie menjelaskan mengapa ia memilih Jabar, karena menurutnya ia dan Jabar sudah terikat semestinya. Ia memiliki track record terkait pengetahuan Jabar.

Di mana ia pernah tinggal dari tahun 1996 sampai 2009 di Bandung. Selain itu, ia juga pernah mengajar di ITB selama 2 tahun secara paralel. 

"Saya dari tahun sembilan enam sampai tahun dua ribu sembilan, KTP saya Bandung, karena saya memang sudah punya rumah di situ. Dulu saya pernah kerja di IPTN. Saya pernah ngajar di ITB dua tahun secara paralel. Anak saya yang ketiga lahir di Bandung. Saya banyak saudara baik dari pihak ibu dan bapak di Bandung. Ya, Bandung itu atau Jawa Barat rumahnya saya," jelasnya.

(ipa)

Berita Terkait