Nasional

Gen Z Susah Punya Rumah Dibandingkan Milenial, Pakar: Bunga yang Lebih Tinggi

Gen Z Susah Punya Rumah Dibandingkan Milenial, Pakar: Bunga yang Lebih Tinggi
Gen Z Susah Punya Rumah Dibandingkan Milenial, Pakar: Bunga yang Lebih Tinggi (Dok istimewa

PASUNDAN EKSPRES -  Ada banyak laporan tentang Gen Z Susah Punya Rumah jika dibandingkan dengan generasi Milenial. Penasaran kenapa alasannya, simak yuk! 

Salah satu Dosen dari Universitas Muhamadiyah Malang (UMM), Novita Ratna Satiti mengatakan bahwa perbedaan antara Gen Z dan Milenial sangat signifikan. 

Hal itu dikarnakan faktor gaji yang saat ini semakin sulit dengan lapangan pekerjaan yang semakin menyempit. 

Bahkan Ibu Novita juga mengatakan Gaji Milenial lebih stabil jika dibandingkan dnegan Gen Z, karna sering menghadapi stagnansi upah. 

BACA JUGA:Polwan Bakar Suami di Mojokerto, Pelaku Alami Trauma Berat hingga Butuh Pendampingan Psikologi

Selain itu, Generasi milenial lebih mudah mendapatkan pinjaman kredit atau yang lainnya. Sedangkan Gen Z saat ini dihadapkan dengan suku bungan yang lebih tinggi. 

"Milenial lebih mudah dalam pinjaman, sedangkan Gen Z dihadapkan dengan persyaratan yang lebih ketat dengan suku bungan yang lebih tinggi," kata Novita dalam laman resmi UMM. 

Meskipun begitu, Novita juga menyadari bahwa Gen Z lebih melek terhadap teknologi dan lebih sadar akan pentingnya investasi jangka panjang. 

Pengetahun serta kemampuan tersebut juga harus dibarengi dengan locus of control dan behavioral finance (kendali atas keputusan finansial) yang baik.

BACA JUGA:Kasus Polwan Bakar Suami, Pelaku Ditetapkan sebagai Tersangka

Serta tidak terpengaruh dalam berbagai desakan faktor eksternal, seperti tekanan gaya hidup dan adanya berbagai kemudahan dari aplikasi Pay Later. 

Selain itu, keputusan dalam mengendalikan uang juga harus dipikirkan secara matang. Hal itu bisa dilakukan dengan meningkatkan skill dan pendidikan. 

Yang nantinya akan mendorong perekonomian serta membuka banyak peluang dalam bekerja yang lebih baik dan stabill. 

Situasi ekonomi pasca Pandemi juga mendorong Gen Z Susah Punya Rumah, bahkan tak sedikit dari Gen Z yang saat ini bekerja di sistem kerja jangka pendek dengan tidak mempunyai tunjangan kesehatan, pendidikan anak dan jaminan hari tua. 

Kalo menurut kamu gimana soal Gen Z Susah Punya Rumah? 

Berita Terkait