Kenapa Produk Lokal Susah Maju?

Kenapa Produk Lokal Susah Maju?

Kenapa Produk Lokal Susah Maju?

PASUNDAN EKSPRES- Pasti kalian udah sering denger tentang Indonesia Emas 2045, kan?

Ini adalah visi besar yang digagas pemerintah buat membawa Indonesia jadi negara maju dan sejahtera.

Tapi, untuk mencapai itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Salah satunya adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan menggenjot pertumbuhan ekonomi hingga di atas 6% per tahun.

BACA JUGA: Para Jemaah Haji, Ini Hal yang Dilarang saat Berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Selain itu, jumlah pengusaha lokal harus mencapai 10% dari total populasi yang masih jadi tantangan besar buat Indonesia, karena saat ini rasio pengusaha kita baru menyentuh angka di bawah 4%.

Kondisi ini menunjukkan kalau pengusaha lokal di Indonesia, terutama yang mapan, masih butuh banyak perhatian dan dukungan.

Mayoritas pengusaha di negeri ini masih dalam kategori pemula, sedangkan yang udah benar-benar mapan baru sekitar 5%.

Nah, ini jadi PR besar buat pemerintah dan kita semua untuk mendorong lebih banyak produk lokal yang bisa bersaing di level internasional.

BACA JUGA: BNI Berikan Solusi bagi Pelaku Usaha Percepat Pembiayaan Rantai Pasok Lewat BNIdirect Supply Chain

Masih ingat kan slogan "Cintailah Produk-Produk Indonesia"? Strategi ini sebenarnya cukup oke untuk mengurangi ketergantungan kita pada produk asing.

Tapi di sisi lain, ada tantangan yang nggak bisa kita abaikan, yaitu rendahnya inovasi dari produk lokal.

Berdasarkan Global Innovation Index 2020, Indonesia masih bertengger di posisi ke-85 dari 131 negara.

Di Asia Tenggara aja, kita masih berada di peringkat kedua terbawah, hanya unggul dari Kamboja.

Kalau kita lihat lebih jauh, orang-orang terkaya di Indonesia umumnya nggak kaya dari inovasi teknologi seperti di negara-negara maju.

Banyak dari mereka yang mengumpulkan kekayaan dari sektor sumber daya alam seperti tambang, sawit, dan batu bara.

Berbeda dengan negara seperti Cina yang punya inovator besar seperti Tencent, Huawei, atau Alibaba, dan Amerika dengan Apple, Google, serta Microsoft.

Di sana, inovasi lah yang bikin perusahaan-perusahaan mereka mendunia.


Berita Terkini