Nasional

Yeay! Pemerintah Buka Formasi ASN untuk Kebutuhan di IKN, Warga Lokal auto Dapat Kesempatan

Yeay! Pemerintah Buka Formasi ASN untuk Kebutuhan di IKN, Warga Lokal auto Dapat Kesempatan
Yeay! Pemerintah Buka Formasi ASN untuk Kebutuhan di IKN, Warga Lokal auto Dapat Kesempatan (Image From: Star Jogja FM)

PASUNDAN EKSPRES - Pemerintah buka formasi ASN untuk kebutuhan di IKN, warga lokal bisa ikut. Pemerintah telah membuka lowongan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk kebutuhan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Pemerintah akan menyediakan slot atau kuota khusus bagi warga lokal dan putra-putri daerah Kalimantan untuk dapat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru.

Pemerintah Buka Formasi ASN untuk Kebutuhan di IKN 

Kebijakan ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas, atas saran dan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo.

Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa nanti akan disediakan kuota sebesar lima persen dari total formasi ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diperuntukkan khusus bagi putra-putri terbaik asal Kalimantan. 

Abdullah Azwar Anas, kebijakan pemberian kuota khusus 5% bagi putra-putri terbaik Kalimantan untuk menjadi ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan bentuk afirmasi pemerintah terhadap talenta-talenta lokal.

Dengan demikian, diharapkan putra-putri terbaik dari Kalimantan akan dapat berkesempatan untuk bergabung dan berkontribusi di IKN.

"Atas saran Bapak Presiden jika nanti ada empat juta pendaftar dari total 600 ribu itu, kalau misalnya di Kalimantan yang daftar ada 100 ribu putra-putri Kalimantan tidak bersaing dengan empat juta tadi tapi bersaing dengan yang 100 ribu di Kalimantan sebagai bentuk afirmasi pemerintah terhadap putra-putri Kalimantan terbaik," kata dia di IKN, dikutip medcom.id, Senin (12/8). 

BACA JUGA: Fakta Lirik Lagu 17 Agustus - Hari Merdeka yang Mengusung Semangat Tinggi

BACA JUGA: Pihak Acara "Burning Sun Surabaya" Klarifikasi setelah menjadi Viral di Jagat Sosial Media

Selanjutnya, berdasarkan arahan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Azwar menjelaskan bahwa IKN akan dibentuk menjadi pemerintah daerah khusus. Hal ini akan mendorong banyak ASN yang berada di kawasan penyangga ibu kota IKN untuk pindah dan bekerja di sana.

Azwar juga menjelaskan bahwa pada bulan ini pemerintah akan membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) khusus yang akan bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN). Jumlah formasi CASN yang sebelumnya berjumlah 600 ribu, kini meningkat menjadi 60 ribu formasi.

Ia menjelaskan bahwa proses seleksi untuk CASN yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan sangat ketat. Pemerintah akan mencari dan merekrut talenta-talenta terbaik yang memahami teknologi digital dan memiliki kemampuan multitasking yang baik.

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua