News

Blusukan ke Subang, Alam Ganjar Ajak Pemuda Lirik Potensi Usaha Pertanian

Muhammad Zinedine Alam Ganjar mendatangi sejumlah titik di Kabupaten Subang (dok.Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Blusukan ke Subang, Alam Ganjar Ajak Pemuda Lirik Usaha Pertanian.Putra kandidat presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, bertemu dengan sejumlah pemuda di Subang, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023). 

Lokasi pertama yang Alam kunjungi adalah Saung Bibit yang terletak di Dangdeur, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Melansir dari IDN Times, salah satu agenda Alam di Subang adalah melakukan penanaman pohon bersama Komunitas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang.

"Tadi menanam bibit pohon bersama warga, harapannya semua yang dilakukan di sini bisa berdampak jangka panjang," ujar Alam yang dilansir dari IDn Times pada (17/12/2023)

Pada kesempatan yang sama, Alam juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Salah satu cara peduli terhadap lingkungan adalah  dengan menanam pohon.

Selain itu, menjaga lingkungan juga bisa dilakukan dari hal terkecil, mulai dari tidak membuang sampah sembarangan.

Lebih lanjut, Alam mengajak generasi muda untuk melirik bisnis pertanian. Sebab menurutnya, pemuda juga bisa memanfaatkan lahan kosong untuk bisa ditanami tanaman kebutuhan pokok.

"Dari sini kita bisa belajar bagaimana memanfaatkan lahan yang ada di sekitar untuk menghasilkan sesuatu hasil bumi yang bisa digunakan oleh warga sekitar," kata dia.

Sementara itu, menurut Alam lahan kosong bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Menurutnya, pendapatan dari lahan pertanian bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ini jadi salah satu mata pencaharian yang punya potensi luar biasa, karena sektor pertanian bagi anak muda itu masih jarang dilirik. Padahal, secara pendapatan dan dampak dalam memenuhi kebutuhan pangan cukup besar," lanjut dia.

"Menaruh mindset kota, yang meliputi kreativitas, manajerial, dan inovasi, kemudian kita implementasikan di desa agar kita bisa berkontribusi untuk memajukan wilayah pedesaan," imbuhnya sebegai penutup.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua