Sepak Bola

Timnas Indonesia Fokus Perebutan Juara 3 di Piala Asia U-23 Usai Gagal di Semifinal

Timnas Indonesia Fokus Perebutan Juara 3 di Piala Asia U-23 Usai Gagal di Semifinal
Timnas Indonesia fokus menghadapi babak perebutan juara 3 di Piala Asia U-23 2024. (Foto: laman resmi PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Timnas Indonesia kini fokus untuk menghadapi babak perebutan juara 3 usai gagal di semifinal Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia gagal meraih juara Piala Asia 2024 setelah dikalahkan oleh Uzbekistan dengan skor 0-2 dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Senin, 29 April 2024.

Usai gagal di semifinal, Indonesia akan menghadapi pertandingan untuk perebutan juara 3 dimana Indonesia akan menghadapi Irak yang dijadwalkan pada Kamis, 2 Mei 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sangat yakin skuad Garuda Muda dapat meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Menurut Shin Tae-yong, Indonesia telah berusaha maksimal saat menghadapi Uzbekistan. Dia juga mengakui Uzbekistan tampil lebih mendominasi dan bermain lebih baik dalam pertandingan semifinal ini.

"Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pemain. Saya pikir Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga. Ada sesuatu hal yang membuat saya merasa sedikit malu, tapi saya tidak mau menyebutkannya," ucap Shin Tae-yong dikutip dari rilis resmi PSSI, Selasa (30/4).

"Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade," lanjutnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut para pemainnya seperti kehilangan kepercayaan diri sebelum bertanding melawan Uzbekistan.

Padahal, dalam tiga laga sebelumnya, Timnas Indonesia tampil sangat impresif dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia, Yordania, dan Korea Selatan.

"Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya," pungkasnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan untuk memperebutkan juara 3 Piala Asia U-23 2024.

Pada laga perebutan juara ketiga, Indonesia bakal menghadapi Irak di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis, 2 Mei 2024 pukul 22.30 WIB.

Pertandingan Indonesia vs Irak ini akan menentukan nasib Timnas Indonesia untuk meraih tiket Olimpiade Paris 2024 sekaligus perebutan juara ketiga.

Apabila Indonesia memenangkan laga ini, maka Indonesia dipastikan mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 dan meraih juara 3 Piala Asia U-23 2024.

Namun, apabila Indonesia kalah dalam laga perebutan juara ketiga, Indonesia harus memenangi laga play-off antar konfederasi melawan Guinea yang dijadwalkan pada 9 Mei 2024. (inm)

Berita Terkait