Sepak Bola

Mantan Pemain Persib, Robbie Gaspar Nilai Shin Tae-yong Membangun Timnas Indonesia Menjadi Lebih Kuat!

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sumber (INSTAGRAM/@AFCASIANCUP)
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sumber (INSTAGRAM/@AFCASIANCUP)

PASUNDAN EKSPRES - Robbie Gaspar, mantan pemain Persib Bandung, memberikan pandangannya terkait perkembangan timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Gaspar, yang mengenal sepak bola Indonesia saat memperkuat sejumlah klub lokal, percaya bahwa Shin Tae-yong sedang membawa timnas ke arah yang lebih baik.

Gaspar memulai kariernya di Indonesia dengan bergabung bersama Persita pada 2005-2006. Kemudian, ia pindah ke Persiba dan bermain hingga 2009, sebelum akhirnya membela Persema hingga 2011. Gaspar kemudian memperkuat Persib Bandung hingga Agustus 2012, dengan total 20 pertandingan dan 1055 menit bermain.

Menanggapi hasil pertandingan timnas Indonesia melawan Arab Saudi yang berakhir imbang 1-1, Gaspar menyebut bahwa hasil seperti itu adalah sesuatu yang jarang terdengar di sepak bola Indonesia. "Dulu, mereka akan kalah jika tidak mampu meraih hasil seperti itu. Indonesia, menurut pengalaman saya, belum pernah bermain dengan baik. Mereka hebat di kandang sendiri, tetapi saat bermain di kandang lawan, mereka kesulitan. Ada beberapa tanda yang sangat bagus untuk sepak bola Indonesia," kata Gaspar, seperti dilansir dari ESPN.

Saat ini, Gaspar mengepalai Australian NGO The Indonesia Institute. Ia menilai Shin Tae-yong berada di jalan yang tepat dalam membangun timnas Indonesia, terutama dengan hadirnya pemain-pemain yang berlaga di liga-liga Eropa. "Shin sedang membangun tim yang sangat bagus," ungkap Gaspar. "Lalu, Anda mendatangkan pemain yang telah dinaturalisasi dan mereka akan bermain dengan baik. Yang mereka butuhkan hanyalah pengalaman pertandingan besar," ujar pria kelahiran Perth itu.

Tetapi Gaspar juga menemukan kendala dengan kedatangan pemain baru dari Eropa. "Yang menjadi kendala mereka adalah mereka belum pernah bermain bersama sebelumnya. Pemain baru terus berdatangan," tambahnya.

Gaspar memuji keberhasilan Shin Tae-yong dalam menanamkan rasa percaya diri kepada para pemain saat bertanding di luar kandang. "Dia membangun kepercayaan diri mereka, bahwa mereka bisa mendapatkan hasil di luar kandang," tuturnya.

Selanjutnya, timnas Indonesia dijadwalkan akan melawan Australia pada matchday kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Selasa (10/9/2024). Gaspar optimistis bahwa dengan perkembangan yang ada, timnas Indonesia dapat tampil lebih baik di pertandingan mendatang.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua