Sepak Bola

Persib Bandung Juara BRI Liga 1, Tapi Hanya Satu Pemain yang Dipanggil Timnas Indonesia, Kenapa?

TIm Persib Bandung mengangkat trofi Juara Liga 1 2023/2024 di Stadion Bangkalan, Madura, Jumat 31 Mei 2024. (Adam Husein/REPUBLIKBOBOTOH.COM)
TIm Persib Bandung mengangkat trofi Juara Liga 1 2023/2024 di Stadion Bangkalan, Madura, Jumat 31 Mei 2024. (Adam Husein/REPUBLIKBOBOTOH.COM)

PASUNDAN EKSPRES - Persib Bandung berhasil meraih gelar juara BRI Liga 1 musim 2023/2024, namun hanya satu pemain mereka yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan tersebut baru saja mengumumkan daftar 26 pemain yang akan berpartisipasi dalam laga melawan Arab Saudi (6/9) dan Australia (11/9), yang merupakan bagian dari putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2025 zona Asia.

Biasanya, Persib mengirim lebih dari satu pemain ke Timnas Indonesia. Nama-nama seperti Marc Klok, Rahmat Irianto, dan Edo Febriansyah kerap menjadi langganan panggilan. Namun, kali ini hanya Dimas Drajad yang terpilih untuk membela tim Merah Putih. 

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, menjelaskan bahwa Dimas Drajad sudah bergabung dengan Timnas Indonesia, sementara Kevin Ray Mendoza baru akan berangkat untuk bergabung dengan Timnas Filipina dalam dua hingga tiga hari ke depan.

Mengapa Hanya Satu Pemain Persib?

Keputusan Shin Tae-yong hanya memanggil satu pemain dari Persib Bandung menimbulkan tanda tanya. Padahal, Bojan Hodak berpendapat bahwa harusnya ada lebih dari satu pemain Persib yang layak mendapat tempat di Timnas Indonesia. 

“Tapi untuk ini, anda harus tanyakan kepada pelatih timnas, dia yang menentukan siapa yang dipanggil,” ungkap Bojan Hodak.

Meskipun Dimas dan Kevin mendapat panggilan dari tim nasional masing-masing, Bojan Hodak memastikan keduanya akan kembali tepat waktu untuk memperkuat Persib dalam pertandingan melawan PSM Makassar pada 11 September 2024. 

“Mereka memang bermain di timnas tapi saya rasa mereka sudah kembali karena timnas bermain sebelum itu (melawan PSM Makassar). Jadi kemungkinan bisa dimainkan saat Persib bertanding nanti,” kata Bojan.

Berkaitan dengan persiapan menghadapi PSM Makassar, Bojan Hodak menyebutkan bahwa timnya baru menjalani latihan ringan setelah diberi libur tiga hari pasca kemenangan melawan Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat.

“Kami memberikan pemain libur tiga hari dan hari ini sudah memulai latihan. Hari ini hanya latihan ringan dan kami punya waktu untuk melakukan persiapan jelang laga berikutnya,” pungkas Hodak. 

Ikuti terus perkembangan Persib Bandung dan persiapan mereka jelang laga krusial menghadapi PSM Makassar di BRI Liga 1!

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua