Tekno

MediaTek Dimensity 9400 Resmi Diluncurkan, Dukung Ponsel Layar Lipat Tiga

MediaTek Dimensity 9400
MediaTek Dimensity 9400 resmi dirilis dan support buat ponsel tri-fold. (Dok. MediaTek)

PasundanEkspres - MediaTek telah secara resmi memperkenalkan chipset flagship terbaru mereka, Dimensity 9400. Chipset ini menghadirkan peningkatan dalam hal kinerja dan efisiensi, serta mendukung teknologi kecerdasan buatan (AI) dan ponsel dengan layar lipat tiga.

Dimensity 9400 dibangun dengan teknologi pemrosesan 3nm yang diklaim 40% lebih efisien dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Seperti pendahulunya, Dimensity 9400 juga menggunakan arsitektur 'all big core', yang terdiri dari empat core ultra-besar dan empat core besar.

Chipset ini mengintegrasikan satu inti Cortex X925, tiga inti Cortex-X4, dan empat inti Cortex-A720. MediaTek menyatakan bahwa kombinasi ini mampu meningkatkan performa single-core hingga 35% lebih cepat, dan performa multi-core hingga 28% lebih cepat dibandingkan Dimensity 9300.

Selain itu, Dimensity 9400 dilengkapi dengan GPU Immortalis-G925 dan NPU generasi ke-8 buatan MediaTek. Perusahaan Taiwan tersebut menyatakan bahwa GPU ini mampu memberikan peningkatan performa puncak sebesar 41% lebih cepat, serta performa ray tracing 40% lebih kencang.

Sementara itu, NPU yang disematkan dalam Dimensity 9400 mendukung pelatihan model AI di perangkat dengan kemampuan prompt large language model yang 80% lebih cepat. NPU ini juga mendukung pembuatan video berbasis AI dan teknologi Google Gemini Nano, seperti dikutip dari 9to5Google pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Menariknya, Dimensity 9400 juga mendukung teknologi MIPI yang memungkinkan penggunaan pada ponsel dengan layar lipat tiga atau tri-fold. Saat ini, satu-satunya ponsel layar lipat tiga yang tersedia di pasaran adalah Huawei Mate XT, yang ditenagai chip Kirin.

Meskipun tidak berarti akan ada lebih banyak ponsel layar lipat tiga yang diluncurkan tahun depan, MediaTek tampaknya ingin menekankan bahwa jika ada produsen lain yang ingin mengembangkan ponsel layar lipat tiga, chipset yang mendukung sudah tersedia.

Sebagai tambahan, Dimensity 9400 hadir dengan modem 5G terbaru yang mendukung kecepatan jaringan hingga 7GB per detik. Modem ini dipadukan dengan chip Wi-Fi/Bluetooth baru yang memiliki konsumsi daya lebih rendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

MediaTek menyebutkan bahwa ponsel Android pertama yang akan ditenagai oleh Dimensity 9400 akan tersedia pada kuartal keempat tahun ini. Berdasarkan rumor yang beredar, chipset ini kemungkinan akan debut bersama seri Vivo X200, yang dijadwalkan diluncurkan pekan depan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua