Daerah

Empat Ketua Partai di Subang Gagal Jadi Wakil Rakyat, Ada Juga yang Bernasib Mujur

Gedung DPRD Subang tempat bertugas para wakil rakyat.
Gedung DPRD Subang tempat bertugas para wakil rakyat.

SUBANG-Posisi sebagai ketua partai tak menjamin bisa meraup suara banyak dalam Pemilu. Namun tak sedikit ketua partai yang mampu membuktikan pengaruhnya dengan meraih suara terbanyak.

Ada beberapa ketua partai dalam pemilu 2024 ini meraih suara minim, sehingga tak mampu lolos menjadi anggota dewan.

Sebut saja misalnya Maman Yudia, sebagai Ketua DPC PDIP Kabupaten Subang. Dia diketahui ikut berkontestasi untuk Daerah Pemilihan 4 meliputi Ciasem, Blanakan dan Patokbeusi.

Berdasarkan data hasil rekapitulasi suara, Maman meraup 5.608 suara. Masih unggul koleganya yang satu partai yakni H Adik sebanyak 9.735 suara. Dengan perolehan suara itu, Maman tak lolos ke DPRD Subang.

Pun Ketua PPP Subang, Oom Abdul Rohman yang nyaleg di Dapil 1 meliputi Subang, Cibogo dan Cijambe. Oom meraup 7.302 suara. Namun sayang, berdasarkan perhitungan penentuan kursi, Oom gagal menjadi Anggota DPRD Subang.

Diketahui, H Oom sebelumnya pernah menjadi Anggota DPRD Subang periode 2014-2019. Pada pemilu 2019, dia mencalonkan kembali namun gagal.

Sementara itu, ada juga mereka para ketua partai yang masih mujur, sebut saja misalnya ketua PKB Subang Zaenal Mutaqin. Untuk kedua kalinya nyaleg, dia langsung mujur. Dapat jatah kursi di DPRD Subang. Dia meraup total suara 8.755 di Dapil 2.

Ada juga Ketua Gerindra Subang, Aceng Kudus. Kendati pada pemilu tahun 2024 ini dia bergeser ke Dapil 7 dari sebelumnya di Dapil 6, Aceng tetap meraih suara banyak, dengan total 10.764.

Suara Aceng Kudus ini menyumbang sekitar 60 persen raihan suara di dapil 7 sebanyak 17.908 suara.

Aceng Kudus ini meraih suara terbesar keempat dalam pemilu 2024 di DPRD Subang. Partai Gerindranya pun menduduki posisi kedua terbesar setelah Golkar.

Selain dari 4 ketua partai di atas, ada juga ketua partai di Subang yang ikut Pileg namun tidak untuk DPRD kabupaten. Melainkan untuk DPR RI, misalnya Ketua Partai NasDem Eep Hidayat, Ketua Partai Golkar Elita Budiarti, dan PKS Agus Masykur, serta Ketua PAN Farah Putri Nahlia.

Eep Hidayat dan Agus Masykur harus gigit jari tak menjajal empuknya kursi DPR RI. Sementara Elita Budiarti dan Farah Puteri Nahlia lolos berdasarkan perolahan suara yang diraihnya.(idr/ysp)

Berita Terkait