Gadget

Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition Resmi Meluncur, Ini Harganya!

Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition
Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition resmi meluncur di Korea. (Foto: Samsung)

PasundanEkspres - Samsung secara resmi telah memperkenalkan Galaxy Z Fold 6 Special Edition di Korea Selatan. Edisi khusus ini menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan dengan versi regulernya, terutama pada sektor kamera dan desain.

"Galaxy Z Fold Special Edition memberikan pengalaman melipat yang ramping dan ringan, serta merupakan produk dengan desain yang canggih," kata Lim Seong-taek, Wakil Presiden Samsung Electronics Korea dalam pernyataan resmi.

Bodi Lebih Ramping

Salah satu perubahan paling menonjol terdapat pada desainnya. Samsung melakukan sejumlah penyempurnaan pada Galaxy Z Fold 6 Special Edition, menjadikannya lebih tipis dan ringan. Dengan ketebalan 10,6 mm dan berat 236 gram, edisi spesial ini lebih tipis 1,5 mm dan lebih ringan 3 gram dibandingkan dengan versi regulernya.

Layar pada edisi spesial ini sedikit lebih luas, dengan layar utama berukuran 8 inci dan layar penutup berukuran 6,5 inci. Layar pada bagian penutup kini memiliki rasio aspek 21:9, menjadikannya lebih mirip dengan tampilan ponsel pada umumnya.

Kedua panel tersebut memiliki kecepatan refresh 120 Hz dan layar penutup dilindungi oleh Gorilla Glass Victus 2. Ada kemungkinan bahwa ponsel ini telah menggunakan Ultra Flexible Glass untuk menggantikan Ultra-Thin Glass, karena tidak lagi terlihat adanya bekas lipatan pada layar.

Peningkatan Kamera

Peningkatan signifikan lainnya terletak pada sektor kamera. Galaxy Z Fold 6 Special Edition dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 200MP, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kamera 50MP pada versi regulernya. Ini tentu akan memberikan peningkatan signifikan pada kualitas foto dan video.

Kamera ultra-wide tetap memiliki resolusi 12MP, namun kini dilengkapi dengan fitur auto fokus. Selain itu, terdapat kamera telefoto beresolusi 10MP dengan kemampuan zoom optik 3x. Kamera pada layar penutup memiliki resolusi 10MP, sementara kamera di bawah layar utama beresolusi 4MP.

Performa dan Fitur Lainnya

Prosesor yang digunakan masih sama, yakni Snapdragon 8 Gen 3. Namun, Samsung meningkatkan kapasitas RAM menjadi 16GB, lebih besar dibandingkan dengan RAM 12GB pada versi reguler.

Galaxy Z Fold 6 Special Edition juga didukung oleh teknologi WiFi 7. Untuk kapasitas baterainya tetap sama, yaitu 4.400 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W.

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition dijual dengan harga 2.789.600 won Korea atau sekitar Rp 31,4 juta. Di Korea Selatan, edisi spesial ini hanya tersedia dalam pilihan warna Black Shadow.

Sayangnya, belum ada informasi resmi mengenai ketersediaan Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 6 Special Edition:

- Layar Utama: 8 inci, Dynamic AMOLED 2X, 120Hz

- Layar Penutup: 6,5 inci, Dynamic AMOLED 2X, 120Hz

- Kamera Utama: 200MP

- Kamera Ultra-Wide: 12MP

- Kamera Telefoto: 10MP

- Kamera Selfie: 4MP (Under Display) & 10MP (Cover)

- Prosesor: Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy

- RAM: 16GB

- Penyimpanan: 512GB

- Baterai: 4.400 mAh, pengisian kabel 25W, pengisian nirkabel 15W

- Sistem Operasi: Android 14, One UI 6.1.1

- Dimensi: 158.8 x 129.4 x 10.6 mm (dilipat)

- Berat: 236 gram

- Warna: Black Shadow

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua