Gadget

Rumor Terbaru Samsung Galaxy S25 Bakal Gunakan Chip MediaTek, dan Punya Desain ala Note 7

Samsung Galaxy S25
Samsung Galaxy S25 dirumorkan bakal pakai chip MediaTek dan desain ala Note 7. (screenshot Galaxy S24 @samsung.com)

PasundanEkspres - Rumor mengenai seri Samsung Galaxy S25 semakin santer terdengar meskipun peluncurannya masih jauh. Kali ini, muncul kabar tentang perubahan chipset dan desain yang signifikan pada seri Galaxy S25.

Rumor pertama dari Korea Selatan menyebutkan bahwa Samsung akan menggunakan chip MediaTek untuk seri Galaxy S25. Informasi ini cukup mengejutkan karena selama ini Samsung hanya pernah menggunakan chip Exynos dan Qualcomm Snapdragon untuk ponsel flagship-nya.

Media Korea Selatan, The Financial News, melaporkan bahwa Samsung tetap berniat menggunakan chip Exynos 2500, tetapi itu bergantung pada hasil produksi chip tersebut. Laporan tersebut menyatakan bahwa penggunaan chip Exynos tidak hanya untuk mendukung bisnis chip Samsung, tetapi juga untuk negosiasi harga dengan Qualcomm.

Qualcomm dilaporkan menjual chip Snapdragon 8 Gen 3 dengan harga USD 190-200, dan raksasa chip asal Amerika Serikat tersebut berencana menaikkan harga Snapdragon 8 Gen 4 hingga 30%. Oleh karena itu, Samsung mempertimbangkan chip alternatif seperti Exynos 2500 dan MediaTek Dimensity.

Laporan ini tidak menyebutkan sumber dari rumor penggunaan chip MediaTek pada seri Galaxy S25. Jenis chip MediaTek Dimensity yang akan digunakan juga tidak disebutkan, tetapi kemungkinan yang dimaksud adalah Dimensity 9400 yang ditujukan untuk perangkat flagship.

Rumor kedua adalah tentang desain Galaxy S25 Ultra yang kabarnya akan mengalami perubahan signifikan. Tipster Ice Universe menyatakan bahwa Galaxy S25 Ultra akan hadir dengan desain yang lebih bulat dibandingkan generasi sebelumnya.

Desain baru ini akan menggantikan desain Galaxy S24 Ultra yang lebih datar dengan sudut-sudut yang lebih tajam. Dalam postingannya di X, Ice Universe juga mengatakan bahwa Galaxy S25 Ultra akan dibuat lebih melengkung seperti Galaxy Note 7, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Senin (30/Juni/2024).

Lebih lanjut, Ice Universe mengklaim bahwa Galaxy S25 Ultra akan hadir dengan bodi yang lebih ramping. Dimensi Galaxy S25 Ultra disebut memiliki ketebalan 8,4 mm, sedikit lebih tipis dibandingkan Galaxy S24 Ultra (8,6 mm).

Meskipun desainnya dibuat lebih tipis, Ice Universe mengatakan bahwa Samsung tidak akan menghilangkan silo untuk S Pen pada Galaxy S25 Ultra. Perubahan desain ini juga tidak akan mempengaruhi kemampuan kameranya.

Berita Terkait