SUBANG-Ketua Komisi IV DPRD Subang, Zainal Mufidz, melontarkan kritik terhadap pelayanan dan fasilitas di RSUD Subang.
Menurutnya, banyak pasien yang memilih beralih ke rumah sakit swasta akibat buruknya pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut.
Zainal menilai, bahwa lemahnya koordinasi antara pihak RSUD Subang dan DPRD menjadi salah satu penyebab sulitnya melakukan evaluasi dan peningkatan pelayanan.
Ia juga menyebut bahwa Direktur Utama RSUD Subang kurang responsif dalam menanggapi masukan dari DPRD.
“Bagaimana kami bisa berkoordinasi dan berkolaborasi untuk meningkatkan pelayanan atau fasilitas jika Dirut RSUD tidak responsif terhadap kami di DPRD? Ini menjadi kendala besar,” tegas Zainal.
Ia menambahkan, bahwa apabila pihak RSUD Subang membuka ruang komunikasi yang baik dengan DPRD, evaluasi dan kolaborasi dapat dilakukan demi memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.
Dengan demikian, Zainal berharap, kepercayaan masyarakat terhadap RSUD Subang bisa kembali meningkat.
Zainal juga meminta pemerintah daerah untuk lebih serius dalam memperhatikan kondisi RSUD Subang, baik dari sisi anggaran, infrastruktur, hingga sumber daya manusia.
Menurutnya, rumah sakit daerah seharusnya menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.
“Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik, apalagi ini rumah sakit pemerintah. Jangan sampai mereka merasa kecewa dan memilih rumah sakit swasta karena pelayanan di RSUD tidak memadai,” pungkasnya.(cdp/ysp)