Kesehatan

Ternyata Ini 5 Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil dan Bagi Janin Dalam Kandungan, Simak Selengkapnya disini!

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil dan Bagi Janin Dalam Kandungan
Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil dan Bagi Janin Dalam Kandungan/foto via Freepik by,nuraghies dan by.valeria_aksakova/ edit via/Canva

PASUNDAN EKSPRES - Di bulan Ramadhan ini Kurma telah menjadi buah favorit sebagai salah satu menu buka puasa ataupun sahur.

Kurma merupakan buah kering yang rasanya manis dan legit dan juga disukai berbagai kalangan termasuk ibu hamil.

Selain itu, Buah Kurma memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A dan mineral serta antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel.

BACA JUGA:Ini 2 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, dijamin Plong

Kurma juga memiliki Nutrisi dan Gizi penting, yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

Lantas, apa saja manfaat kurma bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan? yuk simak ulsannya yang telah kami rangkum dari Channel YouTube Dunia Bunda agar tidak penasaran sebagai berikut.

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil dan Bagi Janin Dalam Kandungan

1. Menambah Energi

Dalam 100 gram kurma terkandung di dalamnya 227 kalori yang bermanfaat untuk memenuhi kalori tambahan ibu hamil, yang dimana saat trimester kehamilan ibu hamil membutuhkan 180 kalori tambahan.

Dan memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan ibu hamil membutuhkan 300 kalori tambahan disetiap harinya, ini terjadi dikarenakan ibu hamil sudah membagi nutrisi dengan janin di dalam kandungan sehingga ibu hamil membutuhkan lebih banyak energi.

2. Mencegah Sembelit

Kurma memiliki memiliki serat makanan yang dapat membantu pergerakan usus, kandungan serat dalam kurma ini dapat membantu mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi.

Ini merupakan gejala umum saat kehamilan karena adanya hormon yang dapat menyebaban saluran pencernaan melambat yang mengakibatkan ibu hamil mudah sembelit.

3. Membantu Memenuhui Kebutuhan Folat Ibu Hamil

Folat atau Vitami B9 merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan karena dapat mencegah cacat lahir serius seperti spina divida.

Nah maka dari itu, dengan mengkonsumsi buah kurma ini dapat membantu memenuhi kebutuhan folat ibu hamil, kebutuhan folat ibu hamil ilah sekitar 600 mikrogramper hari dan dalam 100 gram kurma terkandung 15 mikrogram folat.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Ibu Hamil 

Ibu hamil membutuhkan dua kali jumlah zat besi dibandingkan yang tidak hamil. Hal ini membuat ibu hamil memiliki resiko tinggi mengalami anemia defisiensi zat besi. 

Pada konsidi yang parah anemia defisiensi zat besi dapat meningkatkan resiko kehlahiran prematur dan depresi pasca melahirkan.

Nah  dengan mengkonsumsi Buah Kurma dapat membantu memenuhi zat besi ibu Hamil, karena dalam 100 gram buah Kurma terkandung di dalamnya sekitar 1 MG zat besi.

5 Menguatkan Kontraksi Rahim Ibu Hamil Saat Persalinan

Dilansir dari Hello sehat.com menurut Jurnal of obstratics and ginekologi menerbitkan penelitian tentang manfaat kurma untuk ibu hamil yang rutin makan buah khas timur tengah tersebut.

Hasilnya ibu hamil yang sedang hamil tua atau trimester ke tiga kehamilan menjalani persalinan tanpa perlu bergantung dengan induksi medis dari dokter.

Karena Kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berfungsi meragsang Kontraksi rahim dan mempermudah proses persalinan.

Dapat disimpulkan, buah Kurma ternyata tidak hanya sebagai buah yang dihidangkan dan dinikmati saj apada saat sahur ataupun berbuka puasa. Buah kurma sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungannya. 

Jadi untuk ibu hamil, konsunsi lah buah Kurma dengan secukupnya ya, dan jangan lupa untuk selalu memeriksa kandungan ke dokter ahli kandungan.

BACA JUGA:2 Cara Ampuh Mencegah Kulit wajah Kering disaat Puasa, Rahasia Kulit Goodloking di Bulan Ramadhan

Nah itulah beberapa manfaat kurma bagi ibu hamil dan janin kandungan, semoga informasi ini bermanfaat, dan sehat selalu!

(hil/hil}

Berita Terkait