Lifestyle

3 Penyebab Insomnia yang sering Tidak Disadari karena Sepele

3 Penyebab Insomnia yang sering Tidak Disadari karena Sepele
3 Penyebab Insomnia yang sering Tidak Disadari karena Sepele (Image From: Pexels/Andrea Piacquadio)

PASUNDAN EKSPRES - Penyebab insomnia yang harus kamu ketahui sebelum semakin parah. Insomnia merupakan gangguan tidur yang seringkali dialami oleh banyak orang.

Menurut Halodoc, insomnia adalah jenis gangguan ketika seseorang tidak bisa tidur. Kondisi ini membuat pengidapnya tidak memiliki waktu untuk tidur yang tubuh butuhkan.

Hal tersebut akan menyebabkan kesehatan fisik pengidapnya terganggu atau tidak fit. Di mana tidur sendiri adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting. 

Mengenai masalah tersebut, buat kamu yang saat ini tengah dilanda insomnia yang sangat mengganggu, kamu harus tahu beberapa penyebabnya. Yuk, simak beberapa penyebab insomnia di bawah ini. 

Penyebab Insomnia 

Berikut adalah beberapa penyebab insomnia yang dirangkum dari Instagram @psikologid, Senin (17/6).

Faktor Lingkungan 

Penyebab insomnia yang pertama adalah faktor lingkungan yang seringkali diabaikan. Kalau kamu mengidap insomnia, kamu bisa cari tahu kondisi dan situasi tempat tidur kamu.

Biasanya penyebab insomnia karena faktor lingkungan, yaitu bisa dari karena polusi visual dan audio yang dapat mengganggu tidur kamu. Kamu bisa mencoba membersihkan tempat tidur kamu dan diri kamu agar kualitas tidur kamu tetap terjaga. 

Kamu juga bisa memisahkan tempat tidur kamu dengan area bekerja, makan, menonton jika memungkinkan. 

Hal tersebut akan membuat kamu secara tidak langsung memberikan sinyal pada kamu untuk beristirahat dan merelakan aktivitas ketika kamu sudah berada di tempat tidur. 

Pola Kebiasaan 

Penyebab berikutnya adalah pola kebiasaan. Pola kebiasaan ini merujuk pada aktivitas yang selama ini sering kamu lakukan sebelum tidur.

Misal, kamu sebelum tidur sering memainkan gadget atau menonton televisi sehingga membuat mata kita jadi terjaga. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan hal tersebut 30-60 menit sebelum waktu tidur. 

BACA JUGA: Mengenal Lontar Jumrah dalam Ibadah Haji: Pengertian, Waktu Pelaksanaan, dan Tata Cara

BACA JUGA: 4 Bonsai Sancang Termahal di Indonesia!

Selain itu, penyebab insomnia karena pola kebiasaan tidur larut yang membuat alarm dalam tubuh menjadi terjaga.

Untuk mengubahnya, kamu bisa tidur 30 menit lebih awal, dan terus menerus menjadi kebiasaan. Pancaran sinar matahari di pagi hari juga akan meningkat melatonin yang membantu kamu tidur di malam hari. 

Overthinking 

Penyebab insomnia yang berikutnya yang bahkan seringkali dilakukan oleh banyak orang adalah overthinking.

Siapa di sini yang sering banget overthinking di tengah malam? Katanya, sih karena tengah malam adalah waktu terbaik untuk overthinking.

Tapi, overthinking sendiri sebenarnya menjadi penyebab terbesar kamu gak bisa tidur alias insomnia. Overthinking akan membuat pikiran kamu terus bekerja dengan perasaan cemas karena memikirkan hal di masa lalu atau masa depan.

Oleh karena itu, kamu pasti bakalan terus terjaga karena otak kamu yang gak berhenti bekerja. 

Kalau kamu tiba-tiba merasa overthinking, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan journaling.

Journaling sendiri adalah cara untuk mengekspresikan diri kamu, perasaan kamu, dan pikiran yang sedang kamu rasakan.

Selain itu, kamu bisa mencoba untuk mindfulness atau fokus pada apa yang sedang kamu jalani sekarang dan nikmati momennya. 

Nah, gimana, udah tahu, kan penyebab insomnia yang sering kamu alami.

Semoga dengan kamu sudah tahu ini, kamu jadi bisa mengembalikan kualitas tidur menjadi lebih baik. 

(ipa)

Berita Terkait