Lifestyle

Dampak Tidak Baik dari Overthinking yang Wajib Dikethui oleh Kaum Overthinker

Dampak Tidak Baik dari Overthinking yang Wajib Dikethui oleh Kaum Overthinker
Dampak Tidak Baik dari Overthinking yang Wajib Dikethui oleh Kaum Overthinker (Image From: Pexels/Gustavo Fring)

PASUNDAN EKSPRES - Dampak overthinking tidak boleh dianggap sepele. Overthinking atau berpikir berlebihan merupakan fenomena yang sering dialami banyak orang di era modern ini.

Pikiran yang berulang-ulang dan terus-menerus memikirkan hal-hal yang sama, bahkan hal-hal kecil, dapat menyebabkan stres dan kecemasan yang tidak sehat.

Meskipun berpikir mendalam tentang sesuatu kadang diperlukan, overthinking cenderung merusak, baik secara mental maupun fisik. 

Overthinking adalah kondisi di mana seseorang terlalu banyak memikirkan atau menganalisis masalah hingga menjadi lebih rumit dari yang seharusnya.

Orang yang overthinking sering kali terjebak dalam pola pikiran yang tidak produktif, di mana mereka terus-menerus mengulang pikiran yang sama tanpa menemukan solusi yang jelas. 

Tentunya dengan overthinking, beragam dampak yang tidak baik akan menjerat si pelaku. Maka dari itu, dari sekarang kamu perlu tahu beberapa dampak tidak baik dari overthinking. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. 

Dampak Tidak Baik dari Overthinking

Berikut adalah beberapa dampak tidak baik dari overthinking

Meningkatkan Stres dan Kecemasan

Orang yang overthinking cenderung terus-menerus memikirkan masalah yang ada, bahkan setelah masalah tersebut selesai.

Hal ini menyebabkan peningkatan level stres dan kecemasan, karena pikiran tidak pernah beristirahat dari ketakutan atau kekhawatiran.

Overthinking juga sering kali memperburuk masalah yang sebenarnya kecil, karena fokus berlebihan pada kemungkinan-kemungkinan negatif.

Mempengaruhi Kinerja Otak

Dilansir dari Halodoc, Overthinking dan stres berdampak negatif pada otak, khususnya di area hipokampus, di mana hormon kortisol dapat merusak dan membunuh sel-sel otak.

BACA JUGA: Resep Brownies Kukus Almond: Lezat dan Lembut

BACA JUGA: 5 Manfaat Memiliki Idola yang Sanggup Membuat Harimu Lebih Berwarna

Overthinking kronis dapat mengubah struktur dan fungsi otak, mempengaruhi konektivitasnya, yang bisa menyebabkan gangguan mental seperti kecemasan dan gangguan mood. Jika dibiarkan, ini akan memengaruhi kualitas hidup. 

Jantung Terganggu

Overthinking dan kekhawatiran berlebihan dapat membahayakan kesehatan kardiovaskular, menyebabkan masalah seperti sakit dada, takikardia, dan pusing.

Faktor risiko tambahan, seperti depresi, penyalahgunaan zat, dan kesulitan tidur yang berkaitan dengan kekhawatiran kronis, juga dapat memperburuk kondisi ini.

Masalah Pencernaan 

Stres akibat overthinking juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Banyak orang yang mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, atau sembelit ketika mereka mengalami tingkat stres yang tinggi akibat pikiran yang berlebihan.

Nah, itulah mengenai beberapa dampak tidak baik dari overthinking yang harus banget kamu ketahui. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua