Nasional

Perbedaan Jokowi dan Prabowo Seleksi Calon Menteri

Perbedaan Jokowi dan Prabowo Seleksi Calon Menteri
(dok.instagram/prabowo)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menyeleksi calon menteri untuk mengisi kabinet kerjanya selama memimpin Indonesia periode 2024-2029.

Jika diperhatikan dengan seksama, ternyata ada perbedaan sangat mencolok antara Presiden Jokowi dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam menyiapkan calon menteri. 

BACA JUGA:Anggota DPR Dapat Tunjangan Rumah 50 Juta, Sementara Pendidikan Anak Bangsa Terbengkalai?

Pada era kepemimpinan Jokowi di periode pertama cenderung tertutup, sedangkan Prabowo langsung memamerkan para calon menterinya seperti audisi.

Saat dilantik 20 Oktober 2014, Jokowi belum memiliki kabinet. Namun, ia telah menyeleksi calon-calon menteri melalui tim transisi yang dipimpin Rini Soemarno.

BACA JUGA:Veronica Tan Datang ke Kediaman Prabowo: Kode Keterlibatan dalam Kabinet 2024?

Jokowi baru memperkenalkan 34 calon menteri pada Minggu, 26 Oktober 2014 yang sekaligus memperkenalkan nama kabinetnya yaitu Kabinet Kerja.

Pada periode kedua, Jokowi juga dilantik tanpa calon menteri. Namun, ia menerapkan pendekatan berbeda setelah dilantik.

Jokowi memanggil para calon menteri ke Istana Kepresidenan Jakarta pada 21 dan 22 Oktober 2019. 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Dampingi Presiden Jokowi pada Peresmian Istana Negara di IKN

Kala itu, wartawan istana kepresidenan bisa melihat siapa saja sosok yang akan menjabat di kabinet Jokowi periode kedua.

Pada dua periode pemerintahannya, Jokowi langsung mengajak para menterinya rapat kabinet usai dilantik. Mereka juga langsung diminta bekerja usai pelantikan.

Sementara itu, Prabowo menyiapkan kabinet sebelum pelantikan. Dia memanggil para calon menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga pada 14 dan 15 Oktober 2024.

BACA JUGA:Resmikan Mayapada Hospital Nusantara di IKN, Presiden Jokowi: Bagian Daya Tarik Investor dan Masyarakat

Menariknya, Prabowo memilih rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan sebagai lokasi "audisi menteri". Setiap tokoh yang akan menghadap Prabowo harus melewati barisan wartawan.

Setelah seleksi menteri di hari pertama, Prabowo pun menyapa wartawan. Dia menyatakan semua calon anggota kabinet siap.

"Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup. Saya memberi beberapa penekanan kira-kira arah kebijakan kita," ujar Prabowo.

Setelah audisi menteri selama dua hari, Prabowo menggelar pembekalan bagi calon anggota kabinet. Pembekalan digelar di rumahnya di Hambalang, Kabupaten Bogor, hari ini (16/10/24). (nym)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua