News

Ini yang Akan Terjadi Pada Daerah Terdampak Equinox, Apa itu?

Ini yang Akan Terjadi Pada Daerah Terdampak Equinox, Apa itu?
Ilustrasi sinar matahari (dok. pexels.com/Lio Voo)

PASUNDAN EKSPRES - Apa yang akan terjadi pada daerah terdampak Equinox? Biar gak salah paham, yuk kita cari fakta sebenarnya di bawah ini. 

Bagi yang belum tahu, Equinox atau ekuinoks adalah fenomena alam ketika Matahari bersinar tepat pada garis khatulistiwa. Sehingga akan berdampak terhadap peningkatan suhu panas di Indonesia.

Dikonfirmasi oleh perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa fenomena eqiuinox akan terjadi di Indonesia pada Kamis 21 Maret 2024. 

Equinox adalah fenomena astronomi ketika posisi titik semu matahari melintasi equator. Alhasil, durasi siang dan malam di setiap negara hampir sama, yaitu sekitar 12 jam di bagian atas wilayah masing-masing yang dilalui oleh sinar Matahari. 

Equinox temasuk fenomena astronomi yang umum terjadi yang bisa menyebabkan peningkatan suhu di Indonesia. Namun, peningkatan tersebuyt tidak terlalu signifikan.

BACA JUGA:Rangkuman Isi Pidato Prabowo Subianto Terkait Hasil Pilpres 2024 yang Telah Ditetapkan oleh KPU

BACA JUGA:NasDem Minta Bupati Subang Prioritaskan Pantura, Dari Persoalan Pasar Hingga Banjir

BACA JUGA:Lima Ahli Mengungkap Sirekap Manipulasi Suara, Roy Suryo: Teknologi Disalahgunakan

Daerah Terdampak Equinox

Meski terjadinya fenomena ini akan meningkatkan suhu di Indonesia, namun fenomena equinox berbeda dengan gelombang panas. Sebab, tidak mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis.

Dengan kata lain, daerah yang terdampak oleh fenomena Equinox sebenarnya tidak akan memengaruhi musim sama sekali. 

Sebaliknya, peningkatan suhu atmosfer lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lain, seperti radiasi matahari keseluruhan, pola sirkulasi atmosfer, dan konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer. 

Jadi, mulai sekrang gak perlu khawatir dan was-was lagi, ya menghadapi fenomena astronomi Equinox yang satu ini. 

(nym) 

Berita Terkait