News

10 Fakta University of Pennsylvania, Tempat Erina Gudono Lanjutkan Pendidikan S2

10 Fakta University of Pennsylvania, Tempat Erina Gudono Lanjutkan Pendidikan S2
ilustrasi fakta University of Pennsylvania (upenn.edu)

PASUNDAN EKSPRES -  Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi saat ini diketahui sedang berada di AS untuk mengikuti orientasi mahasiswa baru di University of Pennsylvania. 

Mengingat situasi politik di Indonesia sedang memanas, warganet pun ramai-ramai menyerukan gerakan protes yang ditujukan kepada University of Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) untuk menuntut pencabutan beasiswa S2 milik Erina Gudono. 

BACA JUGA:Bank Indonesia Lakukan Penilaian Investment Challenge 2024 di PT Perumda Tirta Rangga Subang

Erina Gudono saat ini terdaftar sebagai penerima beasiswa parsial untuk program Master of Science di Fakultas Social Policy and Practice (SP2). Di media sosial, Erina sempat mengunggah berbagai kegiatan yang menuai kritikan tajam. Berikut fakta University of Pennsylvania, tempat Erina Gudono lanjutkan pendidikan S2.

1. University of Pennsylvania atau yang juga disebut dengan Penn, didirikan oleh Benjamin Franklin pada tahun 1740.

2. Dilansir laman resminya, upenn.edu, niatan awalnya adalah mendirikan sekolah amal Philadelphia yang juga berfungsi sebagai rumah ibadah. 

3. Kemudian pada tahun 1749, Benjamin Franklin menerbitkan esainya yang terkenal, “Proposals Relating to the Education of Youth,” mengedarkannya di kalangan warga terkemuka Philadelphia, dan mengorganisir 24 pengawas untuk membentuk sebuah lembaga pendidikan.

BACA JUGA:Respon Hasil Survey Pasundan Ekspres dan JIPO, ARD Susun Strategi Lampaui Elektabilitas Ruhimat

4.  Ada banyak fakultas yang ditawarkan oleh University of Pennsylvania, yaitu School of Arts and Sciences, School of Engineering and Applied Science, School of Nursing, hingga Wharton School (business education).

5. Lembaga pendidikan ini telah berafiliasi dengan Rumah Sakit Universitas Pennsylvania-Penn Presbyterian, yang dikenal berperingkat tinggi di beberapa spesialisasi.

6. University of Pennsylvania berada di peringkat ke-14 dalam Universitas Global Terbaik. Sedangkan untuk peringkat secara nasional, Penn berada dalam urutan ke-6.

BACA JUGA:Pelatih Persikas Subang Mial Armand Tak Pandang Remeh Tim Lawan

7. Biaya kuliah di Universitas Pennsylvania adalah US$66,104, sedangkan biaya kuliah rata-rata nasional sebesar US$43,477.

8.  Namun biaya ini berbeda-beda di setiap institusi dan bisa mencapai total US$85,738 jika memperhitungkan biaya kamar, makan, hingga buku. Namun untuk rata-rata mahasiswa yang menerima beasiswa sesuai, berkisar US$27,506.

BACA JUGA:Fresh Graduate Sulit Dapat Kerja, Perusahaan Syaratkan Pelamar Berpengalaman

9. Sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia, University of Pennsylvania tentu telah melahirkan tokoh-tokoh besar yang berkiprah secara global. 

10. Sebut saja Donald Trump, pebisnis sekaligus politisi yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat pada masa jabatan 2017-2021.  Selanjutnya, ada Elon Musk yang dikenal sebagai pebisnis dan investor, pendiri, ketua, CEO, dan CTO SpaceX. 

(nym) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua