News

KPU Gunakan Handy Talkie untuk Komunikasi ke Tim Paslon Saat Debat Keempat Pilpres 2024

KPU Gunakan Handy Talkie untuk Komunikasi ke Tim Paslon Saat Debat Keempat Pilpres 2024
Menjelang debat keempat Pilpres 2024, KPU akan memberikan handy talkie (HT) kepada LO (Liaison Officer) dari masing-masing tim paslon. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Menjelang debat keempat Pilpres 2024, KPU akan memberikan handy talkie (HT) kepada LO (Liaison Officer) dari masing-masing tim paslon.

Hal itu bertujuan untuk memudahkan komunikasi dan menjaga ketertiban saat debat keempat berlangsung.

"Nanti yang pegang itu masing-masing tim paslon kan ada 2 LO yang kita anggap super LO loh yang full akses, itu yang akan pegang, jadi enam dari mereka kemudian sama tim kita dan kemudian tentu dari media penyelenggara," ucap Komisioner KPU RI, August Mellaz, di kantor KPU pada Senin (15/1).

August Mellaz menjelaskan, HT akan dipegang oleh tim KPU dan media penyelenggara serta LO full akses dari masing-masing paslon nantinya dapat mudah berkomunikasi dengan KPU.

Namun, LO tersebut tidak diperkenankan berkomunikasi dengan moderator dan panelis.

Komisioner KPU itu juga menambahkan jika LO full akses tersebut ditempatkan di dekat barisan KPU untuk mengawasi proses debat.

"Kalau untuk debat keempat, akhirnya kita sepakati nanti tata letak atau posisinya dari LO full akses itu akan dekat dengan kami, ditempatkan di bangku tersendiri, sehingga bisa bersama-sama lakukan observasi forum, bisa bersama-sama langsung koordinasi, termasuk apakah perlu ditambahkan kode-kode khusus," ucapnya.

Tentunya, penggunaan HT pada saat debat berlangsung dapat memudahkan komunikasi antara LO masing-masing tim paslon dengan KPU, sehingga jika ada kendala, bisa diatasi secara langsung.

Diketahui, debat keempat Pilpres 2024 akan diselenggarakan pada Minggu, 21 Januari 2024 yang mempertemukan tiga calon wakil presiden (cawapres) yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Tema debat pada debat kali ini adalah "Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa". (inm)

Berita Terkait