Toleran Agama Menurut Quraish Shihab: Keragaman itu Adalah Kehendak Tuhan

Nanda Yuanita - 27 Maret 2024, 11:36WIB
Toleran Agama Menurut Quraish Shihab: Keragaman itu Adalah Kehendak Tuhan
Toleran Agama Menurut Quraish Shihab: Keragaman itu Adalah Kehendak Tuhan (dok.YouTube/Daniel Mananta Network)

PASUNDAN EKSPRES - Prof.Quraish Shihab akhirnya dapat berbincang dengan Daniel Mananta di dalam podcast "Daniel Tetangga Kamu" yang tayang di YouTube. 

Dalam podcast tersebut, KH. Quraish Shihab ditanya-tanya oleh Daniel Mananta tentang toleran dan intoleran antar umat beragama.

Menurut Ayahanda Najwa Shihab tersebut perlu disadari bahwa pemahaman agama yang benar yaitu dengan menyadari bahwa keragaman itu merupakan kehendak Tuhan. 

BACA JUGA:Quraish Shihab: Jangan Maki Anak Kalau Salah, Tapi Doakan

"Pemahaman agama yang benar adalah harus menyadari bahwa keragaman itu adalah kehendak Tuhan." ungkap Prof.Quraish Shihab.

Dalam pernyataannya, Prof.Quraish Shihab menjelasakan bahwa pemahaman setiap orang untuk menyembah Tuhan seenarnya sama-sama bertujuan menuju Tuhan yang Maha Baik. 

"Ketika Anda menyembah Tuhan, saya menyembah Tuhan bisa jadi dan memang demikian pemahaman saya tentang Tuhan yang saya sembah sedikit berbeda atau banyak berbeda dengan pemahaman Anda. tetapi kita satu sama. Sama-sama kita menuju Tuhan yang  maha Baik." lanjut Prof.Quraish Shihab.

BACA JUGA:Masa Kecil Quraish Shihab di Makassar, Masuk Pesantren Di Usia 10 Tahun

Quraish Shihab juga menyebut janganlah membayangkan Tuhan itu tidak mencintai umat-Nya sekalipun ia berdosa Tuhan akan tetap cinta. 

"Jangan membayangkan Tuhan itu tidak mencintai Hamba-Nya walaupun yang berdosa Dia tetap cinta." kata Prof.Quraish Shihab.

Masih dalam konteks toleran dalam beragama, KH Quraish Shihab menjelaskan jangan membenci orang yang berbuat keburukan tapi bencilan keburukan tersebut. 

BACA JUGA:Polemik Pembentukan Kabinet Menuju Pemerintahan Baru Prabowo-Gibran

"Bencilah keburukan jangan benci yang membuat keburukan" pungkas Prof Quraish Shihab. 

Menutup pernyataannya, Abi Quraish Shihab menambahkan bahwa jalan menuju Tuhan itu ada banyak asalkan kita jangan menutup semua jalan itu. 

"Jalan menuju Tuhan itu banyak jangan tutup semua jalan itu. Buka walau hanya satu jaalan. Bisa jadi melalui itu Anda sampai" pungkas Prof Quraish Shihab.

(nym) 

Berita Terkait

Pasundan Ekspres