Mengapa Suzuki Sukses di Pasar Motor India?

Mengapa Suzuki Sukses di Pasar Motor India?

Mengapa Suzuki Sukses di Pasar Motor India?

PASUNDAN EKSPRES- Meskipun Yamaha dan Honda mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia, kisah berbeda datang dari India.

Di negara ini, Suzuki berhasil menjadi market leader yang mengejutkan banyak pihak.

Bagaimana bisa Suzuki yang terancam di Indonesia justru berjaya di India?

Suzuki Corporation, didirikan oleh Michio Suzuki pada tahun 1909 di Hamamatsu, Jepang, awalnya memproduksi alat tenun.

BACA JUGA: Cari Motor Bekas Harga 3 Jutaan? Ini Rekomendasi Terbaik Mei 2025!

Pada tahun 1937, Suzuki memasuki industri otomotif dan pada tahun 1952, meluncurkan sepeda motor pertamanya, Power Free.

Inovasi terus berlanjut hingga Suzuki menjadi salah satu produsen otomotif terkemuka dunia dengan jaringan distribusi global yang luas.

Namun, pasar yang berbeda memberikan hasil yang berbeda pula. Di Indonesia, Suzuki mengalami penurunan penjualan dan menutup banyak bengkel resminya.

Sebaliknya, di India, Suzuki menguasai pasar motor dan mobil. Mengapa bisa demikian?

BACA JUGA: PT Astra Honda Motor (AHM) Perkuat Lini Big Bike Adventure Touring lewat Penyegaran New XL750 Transalp

qKisah sukses Suzuki di India dimulai pada tahun 1982, ketika mereka bekerja sama dengan produsen lokal TVS, menghasilkan TVS Suzuki AX100.

Kemitraan ini berakhir pada tahun 2001, tetapi Suzuki tidak menyerah.

Pada tahun 2006, Suzuki kembali berdiri sendiri dan memperkenalkan motor-motor yang lebih sesuai dengan selera pasar India, seperti Suzuki Access 125, motor matic yang membawa perubahan signifikan.

Faktor Kunci Keberhasilan Suzuki di India

Kemitraan dengan Pemerintah: Suzuki memanfaatkan kemitraan dengan pemerintah India sejak awal, meningkatkan kepercayaan masyarakat lokal.

Pemahaman Pasar: Suzuki memahami preferensi dan kebutuhan konsumen India, memproduksi kendaraan yang sesuai dengan selera lokal.

Jaringan Distribusi Luas: Suzuki membangun jaringan distribusi yang mencakup wilayah perkotaan dan pedesaan, memastikan aksesibilitas produk.

Harga yang Kompetitif: Suzuki menawarkan harga yang bersaing, memberikan nilai tambah bagi konsumen dengan harga yang terjangkau.


Berita Terkini