Sains

Benarkah Belanda Menjajah Indonesia Selama 350 Tahun?

Benarkah Belanda Menjajah Indonesia Selama 350 Tahun?
(dok.YouTube/RJL 5 - Fajar Aditya)

PASUNDAN EKSPRES -  Viral di media sosial soal pro kontra berapa lama Belanda menjajah Indonesia? Ada yang menyebut 350 tahun adapula yang tidak setuju dengan pendapat tersebut. Ternyata asal usul Belanda menjajah Indonesia bermula dari tokoh Cournelis De Houtman yang pertama kali datang ke Banten, dengan tujuan berdagang mencari rempah-rempah tapi diusir karena melakukan hal yang tidak disukai.

Lantas, benarkah belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun? ini fakta yang terungkap oleh Guru Gembul atau Jafar Rohadi dalam channel YouTube RJL 5 - Fajar Aditya.

BACA JUGA:Tanpa Minyak! Apa yang Akan Terjadi Saat Minyak Dunia Habis?

"Gak, gak ada hitungan yang seperti itu. Jadi, istilah 350 tahun itu sebenarnya diambil dari 3,5 abad bukan 350 tahun dan 3,5 yang dimaksud itu adalah pidato Bung Karno." ungkap Guru Gembul atau  Jafar Rohadi.

Guru Gembul juga menjelaskan 350 tahun tersebut diucapkan oleh Bung Karno menyemangati masyarakat Indonesia untuk segera bebas dari penjajah. 

"Jadi, pada waktu itu Bung Karno menyemangati masyarakat Indonesia rakya Indonesia untuk segera bebas dan karena itu disebutkan 3,5 abad untuk apa? Yang pertama, menegaskan bahwa sejak 3,5 abad lalu Indonesia memang sudah ada.  Itu penegasan politis sebenarnya. "

Guru Gembul menyebut bahwa 3,5 abad diartikan bahwa Indonesia telah hadir selama itu untuk mengangkat mentalitas pejuangan Bangsa Indonesia pada saat itu. 

BACA JUGA:10 Negara dengan Sumber Daya Manusia Terbaik Berdasarkan HDI

"Karena sebelumnya'kan Indonesia gak ada negara Indonesia itu tapi dengan adanya kita dijajah 3,5 abad artinya kita sudah ada 3,5 abad yang lalu. Jadi, ini sebenarnya adalah mengambil romantisme untuk mengangkat mentalitas pejuangan Bangsa Indonesia." 

3,5 abad yang kemudian diterjemahkan 350 tahun itu sebagai penegas bahwa masyarakat Indonesia  selama kurun waktu tersebut telah  hidup dalam penderitaan. 

"Kemudian yang kedua 3,5 abad yang kemudian diterjemahkan 350 tahun itu sebagai penegas bahwa kita itu selama kurun waktu itu, tuh hidup dalam penderitaan yang sangat. Karena kita hidup dalam penjajahan Bangsa Belanda. Dan karena itu kita harus melakukan perlawanan."

BACA JUGA:Bukan Pohon Penghasil Oksigen Terbesar di Dunia Berasal Dari Lautan

Guru Gembul sebenarnya tidak ada hitungan pasti berapa lama Belanda menajajah Indonesia? Namun, teori tersebut diperkuat karena Soekarno mengambil hitungan dari kedatangan Cournelis De Houtman untuk pertama kalinya ke Banten tahun 1596.

"Sebenarnya tidak ada hitungannya dari situ, Soekarno mengambil hitungan itu dari kedatangan Cournelis De Houtman untuk pertama kalinya ke Banten tahun 1596."

Guru Gembul menambahkan bahwa sosok Cournelis De Houtman memiliki sifat yang angkuh dan sombong. Sehingga dia diusir dari Banten. 

BACA JUGA:Ini Dia Rata-rata Suhu di Asia Tenggara, Indonesia Berapa Derajat?

"Cournelis De Houtman ketika dia pertama kali datang ke banten, pertama tidak membawa ekspedisi militer dia hanya ingin berdagang. Walaupun si orang itu memang petantang-petenteng banget. Karakteristiknya memang sombong songongnya luar biasa. Makanya, di Banten dia dihajar terus dia kabur ke Belanda nangis-nangis. 

Masih banyak penjelasan menarik tentang sejarah kekejian penjajah terhadap pribumi yang diungkapkan dalam channel YouTube RJL 5 - Fajar Aditya berikut ini. 

DITUTUP-TUTUPI?? INILAH SEJARAH KEKEJIAN PENJAJAH TERHADAP KAUM PRIBUMI! NGILU!!

https://www.youtube.com/watch?v=LRToS_d1GOY&t=8s

(nym)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua