Selebriti

Saykoji Ungkap Alasan di Balik Masa Lalunya yang Tidak Menyukai Musik Rap: Gak Ngerti ini Musik Apa

Saykoji Ungkap Alasan di Balik Masa Lalunya yang Tidak Menyukai Musik Rap: Gak Ngerti ini Musik Apa
Saykoji Ungkap Alasan di Balik Masa Lalunya yang Tidak Menyukai Musik Rap: Gak Ngerti ini Musik Apa (Image From: Screenshot/Agak Laen Official)

PASUNDAN EKSPRES - Kisah unik Saykoji ini dibuka dalam sesi podcast bersama pemain film Agak Laen yang sudah tayang di YouTube Agak Laen Official pada Kamis, (28/3/2024). 

Saykoji yang merupakan musisi rap terkenal di Indonesia ini ternyata punya nama asli Ignatius Rosoinaya Penyami dengan nama panggilan Saykoji atau Igor.

Kisah Unik Saykoji mengenai Kehidupan Bermusiknya 

Rapper kelahiran 1983 ini lahir di Balikpapan dan tinggal di Jakarta. Dia menceritakan bahwa banyak yang menyangka jika dirinya merupakan orang Batak atau Ambon. 

"Lahir Balikpapan, gede di Jakarta. Tapi, suka disangka kalau enggak Batak, Ambon," ujarnya. 

Selain menceritakan kehidupannya. Saykoji juga memberitahu mengenai penamaan Saykoji itu sendiri. Dia menjelaskan bahwa penamaan Saykoji berasal dari kata Bahasa Inggris yang awalnya merupakan kata "psycho", yang kemudian ditambahkan huruf "G". 

"Jadi dulu tuh tulisannya psycho dari Bahasa Inggris. P-S-Y-C-H-O-G," jelasnya, membuat pemain film Agak Laen yang terdiri dari Bene, Oki, dan Indra lantas paham terhadap penjelasan Saykoji.

Saykoji pun kembali memberitahu bahwa penamaan tersebut ternyata tidak bertahan lama. Karena ketika ia mengikuti kompetisi, beberapa orang kesulitan dan bahkan salah menyebut namanya.

BACA JUGA: Venna Melinda Minta Doa Agar Anaknya Verrell Bramasta Segera Dapet Jodoh

BACA JUGA: Usai Minta Biaya Nafkah Anak, Kini Teuku Ryan Minta Hak Asuh Anak Kepada Ria Ricis

Sehingga, ia pun berpikir untuk mengganti nama panggungnya dengan penamaan yang lebih mudah disebut. Munculah penamaan Saykoji. 

"Ikut-ikut acara kompetisi gitu, orang biasanya suka salah sebut. Jadi, 'kita panggilkan..' yang baca bingung, psiko atau piscek. Akhirnya udah gimana, ya biar yang udah tahu bacanya bahasa Inggris sama yang pengen bacanya cepet bahasa Indonesianya sama, Saykoji," jelasnya. 

Setelah menceritakan mengenai penamaan Saykoji, rapper yang terkenal dengan lagu Online ini juga mengisahkan awal mula ia menyukai musik bergenre rap. 

"Bakat seni mengalir dari siapa, bang?" tanya Oki. 

Saykoji lantas memberi tahu bahwa sebenarnya ia menyukai musik karena memang dari keluarga yang tumbuh di gereja. Tapi, untuk musik rap sendiri ia mengetahuinya dari sang kakak perempuan. 

"Kalau musik, ya emang tumbuhnya emang di keluarga yang gereja banget. Memang musik tuh udah biasa nyanyi. Tapi, bukan rap, yang pertama kali nge-rap di keluarga, tuh kakak gue," ujarnya. 

Kakaknya pada saat itu mendengarkan rap luar negeri, dan mengikuti kompetisi-kompetisi kecil. Pada awalnya, Saykoji tidak begitu menyukai musik Rap, karena menurutnya musik rap terdengar seperti orang yang marah-marah. 

"Sebetulnya awalnya gua enggak suka sama musik Rap. Waktu kakak gue dengerin juga gua enggak suka. Karena gua enggak ngerti ini musik apa? Kaya memang orang marah-marah gitu, ya. Kan enggak jelas gitu," pungkasnya. 

Tapi, ketika ia mendengarkan Rap yang berasal dari Indonesia, Saykoji mulai tersadarkan bahwa Rap adalah genre musik yang mempunyai ceritanya sendiri, seperti refleksi hidup. Sehingga munculah ketertarikan terhadap musik Rap. Bahkan, Saykoji mengatakan jika dirinya pernah menulis lirik pertama kali saat ia SMP. 

"Lirik rap yang pertama gua tulis itu SMP," ucapnya.

Tak ayal hal tersebut membuat Bene, Oki, dan Indra menjadi terkesan. 

Pembicaraan semakin menarik ketika membahas mengenai kehidupan bermusik Saykoji. 

Nah, itulah tentang kisah unik Saykoji yang diceritakan dalam podcast Agak Laen. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait