Sepak Bola

Putusan Kontroversi Wasit Shaun Evans, Eks Wasit Liga 1 yang Pernah Rugikan Timnas Indonesia

Putusan Kontroversi Wasit Shaun Evans, Eks Wasit Liga 1 yang Pernah Rugikan Timnas Indonesia
Putusan Kontroversi Wasit Shaun Evans, Eks Wasit Liga 1 yang Pernah Rugikan Timnas Indonesia

PASUNDAN EKSPRES - Wasit Shaun Evans baru-baru ini jadi sorotan. Bagaimana tidak, Shaun Evans adalah 'Wasit Kontroversial' yang membuat beberapa keputusan kritis dalam laga kontra Korea Selatan. 

Apa yang dilakukan oleh Shaun Evans di laga Korea Selatan vs Indonesia U23? Berikut ini adalah 3 putusan kontroversialnya.

BACA JUGA:Netizen Korea Marah, Shin Tae-yong Disebut Pengkhianat Setelah Kemenangan Timnas RI

Membatalkan Gol Korea Selatan 

Korea Selatan sebenarnya lebih dulu menjebol gawang Indonesia. Tapi gol di menit awal ini dianulir oleh Shaun Evans. Kok bisa? Pada menit ke-7, Eom Jisung melakukan tendangan bebas dari sudut kanan gawang Indonesia. 

Melansir dari Pikiran Rakyat, Eom Jisung melepaskan tendangan ke bagian tengah garis pertahanan Timnas. Terjadi kemelut di depan gawang yang berujung bola muntah. 

Pemain Korea Selatan, Lee Kang Hee yang melihat hal tersebut melepaskan tembakan keras tak bisa ditepis Ernando Ari Sutaryadi. 

Skor sempat berubah jadi 1-0. Tapi, wasit Shaun Evans tiba-tiba menuju ke sistem VAR. Ia melihat saat tembakan Lee Kang Hee dilakukan, ada seorang pemain Korea Selatan berada di posisi offside. Alhasil, wasit Shaun Evans pun membatalkan gol pertama Korea Selatan, skor tetap menjadi 0-0. 

BACA JUGA:Tendangan Pinalti Arhan Tentukan Timnas Indonesia ke Final

Pemberian Kartu Merah 

Hwang Sun Hong memutuskan strategi baru setelah timnya tertinggal 1-2 di babak pertama. Ia memasukkan pemain baru yakni Lee Young Jun. Striker satu ini, patut diwaspadai, pasalnya, ia sudah cetak dua gol ke gawang China di babak penyisihan. 

Namun, Lee Young Jun hanya bermain sebentar. Ia diberi kartu merah, padahal sebelumnya hanya diberikan kartu kuning. Awalnya, pada menit ke-65, Justin Hubner terlihat berbaring di lapangan. 

Shaun Evans memberikan kartu kuning pada Lee Young Jun yang dianggap mencederai sang pemain. Tetapi, lagi-lagi Shaun Evans menuju ke sistem VAR. 

Terlihat dalam video di sistem, Lee Young Jun melakukan tekel keras pada Justin Hubner. Bahkan sang bomber Korea Selatan juga tertangkap menginjak betis dan engkel sang pemain. 

Hal ini membuat Shaun Evans menganulir kartu kuning yang ia berikan. Ia malah langsung memberikan kartu merah pada Lee Young Jun yang baru bermain kurang dari setengah jam! Ini membuat Korea Selatan harus bertahan dengan 10 pemain!.

Sementara itu, Timnas Indonesia lolos Semi Final Piala Asia U23 usai tundukan Korea Selatan lewat adu penalti di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Doha Jumat 26 April 2024. 

(nym)

Berita Terkait