Sepak Bola

Peluang Timnas Masuk 16 Besar Makin Lebar usai Qatar Kalahkan China

Peluang Timnas Masuk 16 Besar Makin Lebar usai Qatar Kalahkan China di pertandingan ketiga Group A. Jika hal itu terjadi maka saingan Garuda untuk merebut empat tim peringkat ketiga terbaik berkurang. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Peluang Timnas Masuk 16 Besar Makin Lebar usai Qatar Kalahkan China di pertandingan ketiga Group A. Jika hal itu terjadi maka saingan Garuda untuk merebut empat tim peringkat ketiga terbaik berkurang. 

Untuk melaju ke babak 16 besar ada dua cara yang bisa dilakukan oleh Timna s Indonesia, yaitu menjadi dua tim teratar Group D atau menjadi empat tim peringkat ketiga terbaik. 

Untuk memastikan posisi sebagai dua tim teratas di Grup D, Timnas Indonesia harus meraih kemenangan melawan Jepang pada pertandingan matchday ketiga yang akan berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar pada hari Rabu, 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB. 

Jika hal tersebut terjadi, Timnas Indonesia akan menjadi runner-up bersama Irak, mereka akan langsung lolos ke babak 16 besar dari Grup D.

Namun, jika Timnas Indonesia bermain imbang atau kalah melawan Jepang, Timnas Indonesia akan berada di posisi ketiga di Grup D. 

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia VS Libya

Untuk menuju 16 besar Timnas Indonesia harus mengandalkan peringkat ketiga terbaik untuk melaju ke babak 16 besar. 

Saat inipun Indonesia sudah berada di Peringkat ketiga Gup D bersama dengan jepang di peringkat kedua. Namun jika Timnas finish dengan peringkat ketiga di Grup D. 

Nasib timnas untuk masuk ke 16 besar harus menunggu tim lain, tapi kabar baiknya saat ini timnas sudah berada di peringkat ketiga terbaik di fase grup Piala Asia 2023. 

Bahkan Timnas Indonesia bisa memastikan akan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan jalur peringkat ketiga terbaik tanpa harus melawan jepang. 

Sebab ada potensi grup A hingga grup C ada yang gagal mengirimkan wakilnya ke peringkat ketiga. Bahkan jika china kalahpun china hanya mengantongi 2 poin, sedangkan Timnas Indonesia 3 Poin. 

BACA JUGA:Indonesia Digilas Habis Libya, Arya Sinulingga: Harus Segera di Evaluasi

Bagaimana jika pertandingan Grup A antara Tajikistan dan Lebanon berakhir dengan skor imbang? Dalam hal ini, kedua tim tersebut akan memiliki total poin maksimal 2. 

Jika Qatar berhasil memenangkan pertandingan melawan China, maka perwakilan dari peringkat ketiga Grup A tidak akan memiliki performa yang lebih baik daripada Timnas Indonesia. 

Dengan demikian, Timnas Indonesia memiliki peluang yang lebih baik untuk melaju ke babak selanjutnya jika skenario tersebut terjadi.

Hal tersebut rupanya menjadi peluang besar untuk Timnas Indonesia dalam merebut tiket menuju 16 besar melalui jalur Peringkat ketiga terbaik. 

Berita Terkait